Advertorial

Beberapa Tips Memaksimalkan Manfaat Fitur Kamera Smartphone

Fitur kamera smartphone saat ini memiliki banyak sekali fitur yang kualitasnya bisa dibandingkan dengan kamera DSLR bahkan kamera mirrorless.

Beberapa Tips Memaksimalkan Manfaat Fitur Kamera Smartphone
istimewa
Ilustrasi memotret pemandangan menggunakan smartphone. (Shutterstock) 

TRIBUNNEWS.COM – Fitur kamera smartphone saat ini memiliki banyak sekali fitur yang kualitasnya bisa dibandingkan dengan kamera DSLR bahkan kamera mirrorless.

Sayangnya fitur-fitur tersebut masih belum bisa dimanfaatkan secara baik sehingga hasil foto yang semestinya terlihat spektakuler jadi terlihat biasa-biasa saja.

Agar fitur tersebut tak cuma jadi pajangan saja, berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memaksimalkan fitur kamera smartphone.

Memanfaatkan Grid untuk Menerapkan Rule of Third

Rule of Third adalah trik fotografi yang meletakan objek foto berada pada sepertiga bagian dalam foto supaya terlihat lebih bagus. Untuk menerapkannya, pada menu pengaturan aktifkan fitur grid sehingga objek bisa ditempatkan pada sepertiga bagian secara mudah.

Atur Aspek Rasio untuk Menentukan Ukuran Foto

Ingin foto pas dengan ukuran foto instagram ketika diunggah? Jika iya aspek rasio bisa menjadi jawabannya! Aspek rasio adalah perbandingan tinggi dan lebar suatu foto. Pada smartphone sendiri terdapat empat jenis aspek rasio, yakni 4:3, 18:5:9, 16:9, dan 1:1.

Jika ingin mengunggahnya pada instagram, aspek rasio 1:1 bisa menjadi pilihan. Namun jika ingin menjadikan sebagai wallpaper laptop, bisa memilih aspek rasio 16:9.

Aktifkan Fungsi HDR agar Hasil Foto Anti Gelap

HDR alias High Dynamic Range adalah perbedaan antara bagian paling terang dan  paling gelap dari sebuah foto. Dengan mengaktifkan fitur HDR ini, dengan menggunakan software bagian paling gelap dan paling terang tersebut akan terlihat seimbang.

Gunakan Mode Manual

Jika ingin hasil foto sesuai dengan keinginan, tak ada salahnya menggunakan mode manual ketika memotret foto.

Lewat mode ini ISO (mengatur sensitifitas lensa terhadap cahaya), White Balance (foto terlihat sephia (kuning) atau cyan (biru)), Fokus, Shutter Speed, Aperture, dan Exposure dapat diatur sesuka hati sehingga hasil foto bisa terlihat seperti yang diinginkan.

Memotret pada Malam Hari? Aktifkan Mode Malam

Memudahkan ketika memotret pada malam hari, pada beberapa smartphone yang meluncur sekarang ini (seperti vivo V15), terdapat mode Malam atau yang disebut dengan AI Super Night Mode yang bisa diaktifkan ketika memotret pada malam hari atau kondisi lingkungan minim cahaya.

Vivo 12 Juni - Inside
Hasil foto kamera smartphone V15 dalam kondisi minim cahaya dengan menggunakan mode Malam. (Iwan Nuris Sandy)

Tanpa perlu mengotak-atik mode manual alias professional, smartphone mampu menghasilkan foto bagus di malam hari secara mudah

Mode Wide Angle, Agar Latar Foto Makin Luas

Saat mengambil foto pemandangan, terkadang latar belakang indah tak bisa terpotret secara sempurna. Jika menerapkan mode Wide Angle, seluruh latar belakang dapat masuk ke dalam frame foto sehingga nilai estetika foto semakin bertambah.

Tips memaksimalkan fitur kamera smartphone di atas tentu akan semakin memaksimalkan hasil foto jika dibarengi dengan kualitas kamera yang baik.

Jika bingung mana kamera smartphone yang bisa dipilih, V15 atau V15 Pro bisa menjadi pilihan yang tepat sebab memiliki kamera smartphonenya resolusi tinggi dengan fitur kamera terkini seperti AI Super Wide-Angle dan AI Super Night Mode. Untuk keunggulan V15 lainnya, bisa langsung cek disini.

Apalagi kini setiap pembelian kedua smartphone tersebut di gerai offline yang bekerja sama dengan vivo, atau di e-commerce seperti Akulaku, Lazada, Shopee, JD.ID, Tokopedia, dan Blibli hingga tanggal 30 Juni 2019, bisa berkesempatan mengikuti ‘Bersama Rayakan Kemenangan’ dengan hadiah utama liburan ke Bali sekeluarga, vivo V15 dan V15 Pro, serta cashback sampai Rp300.000.

Vivo 12 Juni MAUDY

Informasi lebih lanjut tentang program “Bersama Rayakan Kemenangan” bisa diakses pada situs www.vivosmartphone.id.

Editor: Advertorial
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved