Rudiantara Tegaskan Posisi Pemerintah di Bidang eSports Bukan sebagai Regulator

Dia menyampaikan dalam urusan games dan esports, peran pemerintah lebih sebagai fasilitator dan akselerator, bukan sebagai regulator.

Rudiantara Tegaskan Posisi Pemerintah di Bidang eSports Bukan sebagai Regulator
TRIBUN/HO
Penggemar game berlatih e-sports di Dota Cafe, Jakarta, Senin (23/10/2017). NVIDIA mendukung peranan anak muda dalam industri kreatif dan e-sports di Indonesia melalui program sertifikasi GeForce iCafe. TRIBUNNEWS/HO 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, terus memberikan dukungan kepada olahraga eSport di Indonesia melalui beragam instrumen.

Dukungan Rudiantara tersebut disampaikan saat menerima audiensi Panitia The International 9th di Games Land Party (GLP) 2019. Menurut Rudiantara, esports bukan sekadar permainan, tapi sudah menjadi ajang professional.

"Ini peluang bagi Indonesia, tidak hanya untuk mengembangkan game lokal tapi menjadi wadah bagi anak muda kita mengukir prestasi esports di level internasional,” ujar Rudiantara melalui keterangan tertulis, Selasa (6/8/2019).

Dia menyampaikan dalam urusan games dan esports, peran pemerintah lebih sebagai fasilitator dan akselerator, bukan sebagai regulator.

Satu-satunya regulasi yang diterbitkan Kemkominfo terkait games hanyalah Peraturan Menteri No 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Umum Permainan Interkatif Elektronik.

"Ini menunjukan bahwa pemerintah ingin industri games dan esports ini berkembang lebih cepat," tutur Rudiantara.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bisnis PT Electronic Sports Indonesia (ESID), Christian Suryadi, menyampaikan bahwa Esports muncul sebagai salah satu fenomena digital dengan game sebagai daya pikatnya.

Baca: Menteri Rudiantara Persilakan Polisi Patroli di Grup WhatsApp

”Yang menarik dari esports ialah mayoritas game yang dipertandingkan membutuhkan kerjasama dan kolaborasi berbagai karakter dengan sebuah tujuan dan objektif yang sama yaitu juara, “ ujar Christian.

Christian menambahkan bahwa Games Land Party 2019 adalah event yang diadakan sebagai wadah berkumpulnya paragames dari berbagai platform.

“Ajang ini kami hadirkan untuk memberikan wadah bagi pelanggan yang mencintai game dan esports serta sebagai salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem digital entertainment lifestyle bagi masyarakat Indonesia,” papar Christian.

Menteri Rudiantara memastikan akan hadir untuk menyampaikan keynote speech pada The International 9th di Games Land Party (GLP) 2019 yang akan digelar di Surabaya pada 24 dan 25 Agustus 2019.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved