Jakarta Disebut Setara Tokyo di Daftar Kota Potensial dalam Ekosistem Startup Global

Jakarta disebut setara dengan kota-kota besar lain di dunia seperti Seoul, Moscow, dan Tokyo dalam ekosistem startup potensial di kancah global.

Jakarta Disebut Setara Tokyo di Daftar Kota Potensial dalam Ekosistem Startup Global
IST/Bekraf
Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Hari Santosa Sungkari saat berbicara di Konferensi Pers “Indonesia Menuju Startup Ekosistem Global” di Kantor Bekraf, Gedung Kementerian BUMN Lantai 15, Kamis 8/8/2019. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) bersama Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) memulai inisiatif untuk membawa kota-kota di Indonesia masuk ke jaringan ekosistem startup global.

Upaya tersebut dilakukan melalui laporan Accelerating Indonesia To Global Startup System dan rencana kajian Indeks Kota Startup Indonesia, yakni kajian indeks yang menunjukkan level kesiapan kota-kota di Indonesia sebagai ekosistem yang mendukung pertumbuhan startup-startup digital.

"Indonesia kini memiliki empat unicorn yang telah memberikan dampak ekonomi signifikan. Indonesia perlu membangun ekosistem startup bertaraf global guna menghasilkan lebih banyak startup yang akan memberikan kontribusi ekonomi, khususnya ekonomi kreatif dan ekonomi digital," ujar Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Santosa, Kamis (8/8/2019) dilansir bekraf.go.id.

Dalam mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif, termasuk subsektor aplikasi dan pengembang permainan, pemerintah selalu melibatkan aktor lain dari akademisi, pelaku bisnis, dan komunitas terkait.

Pemerintah, dalam hal ini Bekraf, telah menggandeng MIKTI dalam mengembangkan ekosistem ekonomi digital. Pada kesempatan kali ini, Bekraf juga melibatkan pelaku bisnis seperti BRI guna mendukung perkembangan ekosistem startup global.

Adapun menurut laporan berjudul Global Startup Ecosystem Report 2019 (GSER) yang dirilis Genome pada Mei 2019, Jakarta merupakan penantang kuat sebagai kota dengan ekosistem startup potensial di kancah global.

Jakarta disebut setara dengan kota-kota besar lain di dunia seperti Seoul, Moscow, dan Tokyo.

Salah satu indikasi pertumbuhan positif tersebut karena Jakarta merupakan rumah bagi empat perusahan dengan nilai valuasi lebih dari US$1 miliar (unicorn) yakni Tokopedia, Gojek, Traveloka, dan Bukalapak.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved