Ponsel Seri F dan A Diklaim Jadi Kunci Oppo Gusur Samsung di Indonesia

Canalys mencatat, pangsa pasar Oppo di Indonesia dalam periode tersebut mencapai 26 persen, tumbuh 54 persen secara year over year (YoY)

Ponsel Seri F dan A Diklaim Jadi Kunci Oppo Gusur Samsung di Indonesia
TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda
Penampakan Layar OPPO K3. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Vendor smartphone asal China, Oppo, untuk pertama kalinya menggeser posisi Samsung sebagai raja smartphone Indonesia, menurut laporan lembaga riset pasar Canalys untuk kuartal kedua 2019.

Canalys mencatat, pangsa pasar Oppo di Indonesia dalam periode tersebut mencapai 26 persen, tumbuh 54 persen secara year over year (YoY).

Sementara, meski juga tumbuh sebesar 10 persen secara YoY, Samsung kini ada di posisi kedua dengan pangsa 24 persen.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (13/8/2019), Oppo mengklaim ponsel seri A dan F menjadi lni kunci meningkatnya pangsa pasar Oppo dalam periode tersebut.

"Beberapa tipe seperti A1k, A5s , F11, F11 Special Online Edition, dan F11Pro memberikan kontribusi besar terhadap angka market share di kuartal ini," ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.

Menurut Canalys, penjualan secara ritel di toko-toko (offline) menjadi startegi kunci Oppo. Aryo ikut membenarkan. "Kami merasa strategi kami yang sangat kuat pada jaringan luring juga menjadi penyebab mengapa Oppo bisa mendapat pencapaian seperti ini," imbuhnya.

Rangking vendor smartphone di Indonesia versi Canalys(Canalys) Kembali ke laporan Canalys, Xiaomi mendapat rapor merah pada kuartal ini.

Canalys mencatat Xiaomi berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 19 persen, turun 9 persen secara YoY.

Baca: Mulai Rilis di Indonesia, Ini Perbandingan OPPO K3 dengan OPPO K1, Mana yang Lebih Unggul?

Sementara di urutan keempat, terdapat Vivo dengan pangsa pasar 15 persen dan pertumbuhan YoY yang cukup signifikan, yakni 62 persen.

Pendatang baru Realme berhasil merangsek ke posisi lima dengan market share 7 persen. Canalys mengatakan bawha pasar smartphone di Indonesia pada kuartal kedua mencatatkan rekor terbaiknya.

Halaman
12
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved