Karya Anak Bangsa

Berikut Inovasi Terbaru untuk Perkembangan Film Indonesia

Dalam kurun waktu beberapa tahun terahir, bisa dikatakan perfilman Indonesia sedang menunjukan perkembangan positif. Hal tersebut terlihat dari berbag

BizzInsight
Berikut Inovasi Terbaru untuk Perkembangan Film Indonesia
Instagram Hanung Bramantyo
Proses pembuatan film Bumi Manusia yang disudradarai oleh Hanung Bramantyo 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam kurun waktu beberapa tahun terahir, bisa dikatakan perfilman Indonesia sedang menunjukan perkembangan positif. Hal tersebut terlihat dari berbagai film buatan Karya Anak Bangsa yang sukses menarik banyak minat penonton. Bahkan dari segi content yang disajikan lebih berkualitas karena banyak menceritakan tentang nasionalisme, action, dan lainnya.

“Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, perfilman Indonesia menunjukkan perkembangan positif, dengan pesatnya pertumbuhan konten-konten lokal, baik secara kualitas maupun komersial. Hal ini juga diimbangi dengan peningkatan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap konten lokal dan antusiasme menonton film dan serial nasional,” ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.

Baca: WOW! Karya Anak Bangsa Ini Sukses Menang di Asia Tenggara

Baca: Revolusi Gamers, Ini Terobosan Terbaru untuk Para Gamer!

Meskipun mengalami perkembangan positif. Film Indonesia memiliki sedikit pekerjaan rumah yang berupa masih terbatasnya masyarakat untuk mengakses konten-konten tersebut.

“Namun akses masyarakat untuk konten-konten lokal masih sangat terbatas,” tambah Triawan.

Melihat permasalahan tersebut dan guna mendukung perfilman Tanah Air, Gojek melalui GoPlay menjadi wadah untuk memperkenalkan karya ke pasar yang lebih luas. Melalui platform video on demand yang terdapat di GoPlay, para pengguna bisa menikmati drama romantis, thriller, hingga karya para komedian berbakat Tanah Air.

Lantas untuk menikmati konten-konten tersebut, para pengguna akan memperoleh kemudahan mengakses GoPlay melalui dua cara, yaitu: pertama, dengan biaya Rp 89.000 dapat mengakses konten GoPlay selama sebulan penuh. Kedua, dengan biaya Rp 99.00 dapat menikmati GoPlay sekaligus ongkir GoFood gratis senilai Rp 600.000 (60 voucher) selama satu bulan.

Inovasi terbaru dari Gojek ini merupakan bentuk komitmen untuk terus memberikan kontribusi terhadap kemajuan dari berbagai lini kehidupan di Tanah Air.

Gojek Goplay play

“GoPlay merupakan inovasi terbaru Gojek, melengkapi ekosistem yang telah sukses berevolusi dari layanan ride hailing menjadi platform teknologi terdepan di Asia Tenggara. Sebagai perusahaan anak bangsa, kami selalu mencari cara untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat, sekaligus memberikan dampak sosial untuk kemajuan tanah air. Di sisi industri kreatif terutama industri konten dan film, kami melihat masih terdapat tantangan dalam menyediakan akses kepada penonton. Namun disisi lain, penetrasi internet dan smartphone yang cukup tinggi memberikan peluang bagi para sineas nasional agar karya mereka dapat dinikmati masyarakat banyak,” ujar Co-Founder Gojek, Kevin Aluwi.

Bukan hanya itu, melalui GoPlay diharapkan dapat menjembatani para sineas berbakat dan pengguna smartphone yang memiliki keinginan besar untuk mendapatkan konten berkualitas.

“Kehadiran GoPlay dapat menjembatani para sineas berkabar dengan jutaan pengguna smartphone di Indonesia yang selalu mencari konten berkualitas. Gojek yang sudah di-download lebih dari ratusan juta kali di Indonesia, telah memiliki pengguna setia yang dapat langsung dijangkau para sineas,” ujar Kevin.

Senada dengan Kevin Aluwi, CEO GoPlay, Edy Sulistyo mengatakan, inovasi tersebut merupakan bentuk kerinduan masyarakat Indonesia terhadap konten lokal yang berkualitas.

“Tingginya antusiasme masyarakat terhadap konten lokal dapat dilihat dari pertumbuhan penonton film Indonesia selama tiga tahun terakhir, yang meningkat dari 36 juta di 2016 menjadi 46 juta pada 2018. Namun, dalam hal rasio penonton film Indonesia terhadap film asing di layar lebar, menjadi PR bersama. Di sisi lain, akses penonton terhadap hiburan berkualitas masih terbatas. Layar bioskop juga tidak sebanding dengan jumlah populasi. Sehingga, sineas anak bangsa belum bisa menampilkan karyanya dengan optimal. Dengan GoPlay, kami berharap dapat menjawab kerinduan tersebut. Para pecinta film dan serial bisa menemukan berbagai konten mulai dari drama romantis, kisah hidup sehari-hari, thriller, hingga serial komedi dari komika berbakat Tanah Air,” ujar Edy.

Selain itu, melalui inovasi ini para pengguna akan mendapatkan pengalaman terbaik untuk menikmati konten berkualitas melalui berbagai penawaran film yang menarik.

“Seluruh pengguna Gojek dapat mengakses konten berkualitas, dimanapun dan kapan pun, dan juga mendapatkan nilai tambah dari layanan favorit Gojek mereka selama ini,” pangkas Edy.

Penulis: Dea Duta Aulia

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved