Layanan Yahoo Groups Akan Ditutup 21 Oktober, Semua Postingan Akan Dihapus

Mulai 21 Oktober pengguna tidak akan dapat mengunggah konten ke Yahoo Groups, dan semua konten yang ada akan dihapus sebelum akhir 2019 ini.

Layanan Yahoo Groups Akan Ditutup 21 Oktober, Semua Postingan Akan Dihapus
SEARCH ENGINE JOURNAL
Yahoo akan menutup salah satu layanannya yakni Yahoo Groups, mulai 21 Oktober 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, SAN FRANCISCO - Pada 2018 lalu Yahoo menutup layanan pesan instan Yahoo Messenger miliknya. Kini pelopor search engine dan portal internet milik Verizon tersebut kembali menutup salah satu layanannya. Yahoo Groups akan mulai ditutup mulai 21 Oktober.

Mulai tanggal tersebut, pengguna tidak akan dapat mengunggah konten ke Yahoo Groups, dan semua konten yang ada akan dihapus sebelum akhir 2019 ini. 

Pada 14 Desember mendatang Yahoo akan mulai menghapus semua konten yang ada pada Yahoo Groups. Konten tersebut di antaranya adalah file pengguna, polling, link, foto, folder, database, kalender, percakapan, hingga riwayat pesan pengguna. 

Yahoo pun menyarankan agar pengguna yang menyimpan dokumen penting di Yahoo Groups segera mengunduh dokumen tersebut. Sebab Yahoo memastikan bahwa setelah akhir tahun 2019 ini semua dokumen akan hilang dan tak dapat dikembalikan. 

"Mulai 28 Oktober Anda tidak akkan dapat mengunggah konten lagi ke halaman Yahoo Group, dan pada 14 Desember semua konten yang sebelumnya telah diunggah akan dihapus secara permanen," tulis Yahoo di halaman resminya.

Baca: UU Hasil Revisi Berlaku, Bisakah KPK Tetap Jalankan Tugas Pemberantasan Korupsi?

"Anda hanya memiliki waktu hingga tanggal tersebut untuk menyimpan apa pun yang telah Anda unggah," lanjut Yahoo. 

Baca: Penuturan Blak-blakan Widy Vierra Jadi Korban Kekerasan Pacar dan Pengalaman Diculik

Yahoo tidak menjelaskan mengapa layanan ini ditutup. Yahoo Groups sendiri adalah tempat di mana para pengguna dapat membuat sebuah forum diskusi online berdasarkan topik yang diminati masing-masing.

Baca: Fadli Zon Disebut-sebut Masuk Bursa Calon Menteri di Kabinet Jokowi, Segini Daftar Kekayaannya

Yahoo Groups awalnya diluncurkan pada 1998 silam, dan kemudian dirilis ulang pada 2001. 

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (17/10/2019), pengguna bisa menyimpan seluruh dokumen yang telah diunggah dengan akun login masing-masing. Atau pengguna bisa mengunduh melalui halaman resmi Verizon.  

Yahoo mengatakan, setelah dokumen siap diunduh, Yahoo akan mengirimkan e-mail berisi tautan atau link untuk mengunduh dokumen secara otomatis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Yahoo Groups Tutup Akhir Oktober, Semua Postingan Akan Dihapus

Penulis : Yudha Pratomo
 

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved