Breaking News:

Papua Muda Inspiratif Dijanjikan Bisa Lahirkan 100 Startup Baru

sejak diluncurkan 265 orang telah mendaftar untuk menjadi anggota Papua Youth Creative Hub yang semuanya berasal Papua.

HANDOUT
Presiden Jokowi di paparan tentang konsep Papua Youth Creative Hub, di sela peresmian Jembatan Youtefa di Kota Jayapura, Senin (28/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meluncurkan pusat pengembangan kreativitas dan pengembangan bisnis startup untuk anak muda Papua, dengan nama Papua Youth Creative Hub.

Pusat pengembangan tersebut akan dikelola PT Papua Muda Inspiratif, yang merupakan perusahaan hasil kerjasama 21 pemuda-pemudi asli Papua dari 7 wilayah adat yang memiliki usaha dan kegiatan sosial di bidang berbeda-beda.

Direktur Utama PT Papua Muda Inspiratif Billy Mambrasar menjelaskan, bisnis startup merupakan sebuah gerakan yang baik untuk mendorong lebih banyak lagi anak-anak Papua mengembangkan kreatifitasnya melalui bisnis atau pergerakan sosial.

"Kami menargetkan bisa melahirkan kurang lebih 100 pemilik startup atau pergerakan sosial yang dapat berkontribusi mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua di bidang-bidang kritikal," ujar Billy dalam keterangannya, , Selasa (29/10/2019).

Baca: Viral Video Siswi SMA Disetubuhi Setelah Dianiaya Kekasihnya, Dicari Keluarga Karena Hilang 3 Hari

Billy mengatakan, sejak diluncurkan 265 orang telah mendaftar untuk menjadi anggota yang semuanya berasal Papua.

Baca: Kasus Pelajar Tikam Guru Sampai Meninggal, SMK Ichtus Akhirnya Ditutup Setelah Boroknya Terungkap

"Kami akan mengadakan roadshow bisnis di 7 kota di Papua dan Papua Barat dan di 4 Kota Studi di Luar Papua, seperti Manado, Jakarta, Jogjakarta dan Surabaya untuk mendorong lebih banyak lagi pemuda dan pemudi Papua untuk bergabung dalam gerakan ini," kata Billy.

Baca: Nasabah Divonis Bersalah dan Didenda Rp 4 Miliar Gara-gara Karyawan BNI Medan Salah Transfer

Salah seorang pendiri PT Papua Muda Inspiratif lainnya, Paskalis Pigai menuturkan, pusat pengembangan kreasi dan startup ini juga akan merangkul anak muda yang memiliki bakat seni dan hiburan.

“Saya selama berkuliah di UNIPA di Manokwari telah menggerakan giat fotografer jalanan dan berharap pekerja-pekerja industri kreatif seperti kami yang adalah anak muda asli Papua akan lebih banyak lagi. Saya berharap pusat pengembangan ini dapat membantu memfasilitasinya," ujar Paskalis Pigai.

Pusat pengembangan ini akan dibangun di Jalan Vim, Kotaraja, Jayapura, di atas lahan 1, 5 ha dengan bangunan seluas 6.000 m2 yang terdiri dari ruangan-ruangan untuk belajar tentang bisnis, teknologi internet.

Kemudian, pemprograman dan dasar-dasar pengembangan start up, serta asrama untuk menampung sekitar 100 pemuda-pemudi yang akan mengikuti program belajar bisnis selama 1 sampai 2 bulan.

Di dalam pusat pengembangan akan diselenggarakan berbagai kegiatan pengembangan diri, untuk melengkapi keahlian berbisnis seperti disebutkan diatas, termasuk di dalamnya komunikasi, kepemimpinan, dan dasar-dasar manajemen.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengapresiasi gagasan Papua Muda Inspiratif ini.

"Saya sangat menghargai tadi apa yang sudah direncanakan, itu adalah sebuah rencana besar. Papua Muda Insipiratif yang segera akan kita bangun bersama-sama nantinya, yaitu sebuah Papua Youth Creative Hub," ujar Jokowi.

Lewat upaya ini Presiden berharap muncul unicorn dan decacorn baru dari wilayah Indonesia bagian timur, khususnya dari Papua.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved