Face Verification, Fitur Keamanan yang Bikin Ojol Nggak Bisa Tipu-tipu

Di lapangan masih ada saja celah bagi pelaku kejahatan melakukan aksinya kepada korban yang mereka sasar. Misalnya, praktik jual-beli akun ojol.

Face Verification, Fitur Keamanan yang Bikin Ojol Nggak Bisa Tipu-tipu
PINTEREST
Verifikasi wajah bisa menjadi salah satu fitur keamanan untuk memperkecil munculnya fake account dan praktik jual-beli akun ojol. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejumlah penyedia aplikasi transportasi online saat ini sduah menyediakan beberapa fitur keamanan untuk melindungi konsumennya.

Satu diantaranya adalah fitur share my ride, SOS Button, chat, masking number dan lainnya.

Perusahaan jasa transportasi online juga melakukan berbagai upaya pencegahan tindak kejahatan melalui seleksi calon mitra pengemudi yang cukup ketat.

Calon mitra diwajibkan mengisi beberapa formulir, tes keamanan serta kemampuan berkendara, serta sejumlah berkas dokumen yang harus dilengkapi baik secara online maupun offline.

Namun faktanya di lapangan masih ada saja celah bagi pelaku kejahatan melakukan aksinya kepada korban yang mereka sasar.

Misalnya, praktik jual-beli akun ojek online.

Hal ini memunculkan adanya driver ilegal alais driver yang tidak terdaftar secara resmi di perusahaan aplikasi.

Hal demikian risikonya akan meningkatkan potensi tindak kejahatan dan kriminalitas.

Perusahaan aplikasi transportasi online akan kewalahan jika banyak driver yang tidak terdaftar secara resmi di perusahaan mereka.

"Sebenarnya yang paling mudah dari kasus ini adalah konsumen jangan pernah menerima jika ojol yang dipesan berbeda nama atau nomor tanda kendaraan. Ini menjadi edukasi bagi yang memperjualbelikan akun ojol, karena secara langsung konsumen hanya memilih yang benar dan sesuai dengan identitas di aplikasi," kata Yudhi Kukuh, IT Security Consultant PT Prosperita - ESET Indonesia dalam keterangan persnya kepada Tribunnews, Sabtu (9/11/2019).

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved