Breaking News:

Tetap Eksis, Facebook Berikan Fakta Terbaru dan Cara untuk Kembangkan Bisnis

Berselancar di media sosial, sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, menurut We Are Social dan Hootsuite, Indo

Ist
Global Manager for Messaging and Emerging Platforms, delivering the Future of Storytelling, Sal Burns di Facebook Indonesia Summit 2019, Rabu (16/10) lalu. 

TRIBUNNEWS.COM - Berselancar di media sosial, sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, menurut We Are Social dan Hootsuite, Indonesia menyumbang 130 juta akun pengguna Facebook dan menjadi terbesar keempat secara global.        

Tingginya angka tersebut, disebabkan karena beragam aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat ketika menggunakan Facebook, seperti berteman, mencari informasi, hingga berbisnis. Menariknya, ternyata  Facebook membawa dampak positif tersendiri bagi para pebisnis.             

Terkait hal tersebut, Facebook mewadahi para penggunanya melalui Facebook Indonesia Summit 2019.

“Facebook Indonesia Summit berfungsi sebagai penghubung, pendukung, komunitas, dan bisnis di Indonesia,” ujar VP Asia Tenggara Facebook, Benjamin Joe, Rabu (16/10) lalu.

Di acara tersebut membeberkan terkait hasil survei PwC Indonesia dan Institute for Development of Ekonomic and finance. Bukan hanya itu, Facebook Indonesia Summit 2019 juga memperkenalkan fitur Facebook lain yang dapat digunakan oleh pebisnis dalam mengembangkan usahanya.

Survei tersebut melibatkan 1.220 responden, baik pengguna internet dan bukan pengguna internet di 34 provinsi di Indonesia.

Pieter Lydian Sutiono Pieter Lydian Sutiono
New Country Director Facebook for Indonesia, Pieter Lydian Sutiono.

Tak hanya itu, dalam survei tersebut mengatakan Facebook, Instagram, dan Whatsapp berperan terhadap pengembangan, produksi, distribusi, dan penjualan dalam sebuah bisnis. Bahkan, 50% dari responden mengatakan, mereka memulai bisnis melalui aplikasi tersebut. Selain itu, 43% responden terinspirasi ide yang didapatkan melalui aplikasi tersebut.

Jika dilihat lebih spesifik, bagi UMKM, 75% responden menyatakan, aplikasi tersebut sangat membantu karena dapat mengurangi ongkos pemasaran. Sedangkan 63% responden mengatakan aplikasi tersebut dapat mengurangi biaya layanan konsumen. Selain itu, Facebook juga membawa angin segar bagi pertumbuhan bisnis, karena 90% responden merasa mengalami peningkatan jumlah konsumen.

Bukan hanya mengalami peningkatan dari segi konsumen, banyak pula responden yang mengungkapkan, bahwa dengan menggunakan Facebook halangan-halangan terkait penjualan suatu produk dapat teratasi.

Selain memaparkan terkait data tersebut, Facebook Indonesia Summit 2019 juga memperkenalkan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis untuk lebih mengembangkan bisnisnya, yaitu Facebook Watch.

Menengai fitur tersebut, Facebook Watch merupakan salah satu fitur yang teradapat di Facebook yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk menonton berbagai vidio. Menariknya, dalam vidio yang disajikan, para pengguna akan mendapatkan vidio-vidio yang relevan untuk di konsumsi atau bahkan di share ke orang-orang terdekat.

Sarita Singh Sarita Singh Sarita Singh
Director of Global Business Group Scaled South East Asia, Sarita Singh.

Untuk jangkauannya Facebook Watch dapat dinikmati secara global di 40 negara di dunia. Meskipun dapat di akses oleh berabagai negara, Facebook juga memberikan penggunanya untuk mendapatkan vidio lokal.

Menariknya, untuk menyesuaikan selera pengguna, Facebook Watch terbagi menjadi dua segmen, yaitu vidio durasi pendek dan durasi panjang. Dalam fitur tersebut, para pengguna bisa menyaksikan vidio di mana pun, kapan pun, dan bersama siapa pun. Bahkan, untuk lebih meningkatkan interaksi antara pengguna dengan public figure, Facebook Watch menyediakan fasilitas komen dan share.

Jika dilihat berdasarkan angka, Facebook Watch tergolong disukai oleh para penggunanya. Pasalnya lebih dari 720 juta pengguna setiap harinya menikmati fitur tersebut. Nah, untuk lebih mengembangkan bisnis, pebisnis dapat memanfaatkan Facebook Watch.

Pasalnya, Facebook Watch menyediakan fasilitas untuk memasang iklan, brand collaborations, dan fan support. Menariknya, Facebook Watch juga menawarkan berbagai varian iklan yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis, seperti mid-roll di mana iklan akan muncul di vidio-vidio dengan durasi lama dan akan muncul setelah pengguna menonton konten selama 1 menit. Tak hanya itu, terdapat juga varian iklan di Facebook Watch, seperti pres-roll dan image ads.

Selain itu, Facebook Indonesia Summit 2019 juga membeberkan terkait keuntungan beriklan di Facebook Watch. Berdasarkan data yang dimiliki Facebook, sebanyak 720 juta pengguna setiap hari menonton vidio di Facebook Watch selama 1 menit. Bahkan, sebanyak 140 juta pengguna setiap harinya menonton vidio di Facebook Watch selama 26 menit.

Dari angka tersebut, pastinya akan sangat membantu para pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya dan lebih mempermudah memperkenalkan produk yang dimilikinya ke masyarakat luas di berbagai daerah atau negara.

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved