Trio Pentolan Teknisi Instagram Bocorkan Cara Suguhkan Konten di Tab Explore

Pada blog itu dijabarkan, dalam menyuguhkan konten yang relevan ada tiga sistem berdasarkan AI.

Trio Pentolan Teknisi Instagram Bocorkan Cara Suguhkan Konten di Tab Explore
ISTIMEWA
logo instagram 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Instagram memiliki fitur tab explore pada aplikasinya, yang menyuguhkan konten untuk penggunanya.

Konten tersebut, biasanya berdasarkan hal-hal yang pengguna Instagram sukai dan sering dilakukan pencarian oleh pengguna.

Tiga teknisi Instagram, Ivan Medvedev, Haotian Wu, and Taylor Gordon memberikan bocoran pada sebuah blog Facebook.

Pada blog itu dijabarkan, dalam menyuguhkan konten yang relevan ada tiga sistem berdasarkan kecerdasan buatan (artifisial intelegence/AI).

Pertama adalah kemampuan melalukan eskperimen dengan cepar, mengenai sinyal ketertarikan konten pengguna, lalu menemukan komputasi paling efisien untuk menampilkan konten relevan.

Kemudian selanjutnya, AI akan melalukan esktrasi fitur dan membuat jutaan model prediksi. Hal ini disebut penyulingan akun dan jenis konten yang dianggap relevan dengan pengguna.

Menentukan relevansi konten untuk pengguna,dengan mengkurasi postingan yang sering berinteraksi dengan pengguna seperti postingan yang sering dikomentari atau disukai.

Baca: Seperti Firasat, Pria Ini Sempatkan Buat Kejutan Ultah untuk Istri Sehari Sebelum Kecelakaan Tragis

Selanjutnya, sistem akan melakukan penyisiran akun, dan machine learning akan mengidentifikasi akun yang memiliki kemiripan kata dari caption.

Seperti pengguna yang sering menyukai produk otomotif, akan disuguhkan konten yang berbau otomotif seperti mobil dan motor serta update terbaru mengenai hal terkait.

Menurut Instagram yang dikutip dari Forbes pada Senin (2/12/2019), Instagram mengatakan teknik ini sangat efisien untuk mengevaluasi konten dan menemukan yang paling relevan untuk para pengguna.

"Sistem machine learning ini menjadi senjata kami, membasmi spam dan konten yang tidak pantas untuk disebar," kata Instagram.

Instagram juga menyebutkan, ingin memastikan konten yang beredar pada platformnya aman dan pantas untuk publik secara global bagi segala usia di tab explore.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved