Breaking News:

GoPay Adakan Pelatihan UMKM untuk Pedagang Kecil di Yogyakarta

Tingkatkan kualitas UMKM, GoPay adakan Forum Pedagang Baik yang diselenggarakan di Yogyakarta pada Selasa, (26/11/2019) lalu. Sebanyak 70 pedagang UMK

Editor: Content Writer
Ist
Penjual Moslem Chinese Food dan Seafood di Kantin Plaza Kampus UGM, Sulastri. 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Tingkatkan kualitas UMKM, GoPay adakan Forum Pedagang Baik yang diselenggarakan di Yogyakarta, Selasa (26/11/2019) lalu. Sebanyak 70 pedagang UMKM Yogyakarta mengikuti acara yang berlangsung di salah satu kantin Universitas Gajah Mada Yogyakarta. 

Salah satu pedagang di Kantin Plaza UGM, Sulastri, mengaku telah menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran di kantinnya selama dua tahun terakhir. Ia mengaku omzetnya ikut terdongkrak setelah menerima pembayaran nontunai.

Baca: Inspiratif! Difabel: Saya Hanya Bisa Bersih-Bersih tapi Tetap ingin Mandiri

“Di zaman milenial ini kita harus mengikuti perkembangan zaman. Anak-anak milenial sekarang ini nggak seneng pakai cash lagi. Senangnya tinggal klik aja (via aplikasi). Jadi mau ngga mau saya harus mengikuti,” kata Sulastri, yang sudah berjualan chinese food sejak sepuluh tahun lalu. 

Selain membeberkan terkait peningkatan omzet, semenjak menggunakan GoPay, ia pun mengatakan, bisa menyisihkan sebagian hasil penjualan untuk ditabung.

“Manfaat buat saya, jadi bisa nabung setiap hari. Gak perlu langsung datang ke bank. Belum lagi, dengan adanya cashback, konsumen jadi lebih banyak yang pakai. Kita juga ikut dapat keuntungan dengan mengikuti promo yang ditawarkan GoPay,” ujar Sulastri.

Baca: 4 Alasan Bagi Pencinta Makanan Wajib Coba Festival Kuliner Online

Bukan hanya di Yogyakarta, Forum Pedagang Baik telah dilaksanakan di 9 lokasi di Indonesia dan memberikan pelatihan kepada ratusan mitra pengusaha kecil. 

GoPay Regional Head Jawa Barat dan Jawa Tengah, Restu Haryadi mengungkapkan alasan di balik penyelenggaraan pelatihan ini. “Kami ingin memberikan pendampingan langsung serta wadah yang guyub bagi para pedagang UMKM di Yogyakarta untuk bersama-sama belajar,” ujar Restu. Menurut Restu, GoPay merasa memperkenalkan metode transaksi nontunai saja tidak cukup.

Namun, untuk menjawab kebutuhan zaman, harus diiringi dengan pemahaman mendalam mengenai teknologi digital agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku UMKM. 

Senada dengan Restu, peneliti sekaligus dosen FEB UGM, Gumilang Aryo Sahadewo mengatakan, Forum Pedagang Baik bisa menjadi jembatan antara UMKM dengan inovasi serta produk solusi yang telah tersedia di pasar seperti GoFood, GoPay, dan lainnya. 

GoPay adakan Forum Pedagang Baik yang diselenggarakan di Yogyakarta pada Selasa, (26/11/2019) lalu
GoPay adakan Forum Pedagang Baik yang diselenggarakan di Yogyakarta pada Selasa, (26/11/2019) lalu (Ist)

“Ajang ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendengar masukan UMKM,” tambah Gumilang. 

Untuk memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya, dalam forum tersebut juga dibahas mengenai penggunaan aplikasi GoBiz yang dapat dimanfaatkan merchant di berbagai lini usaha seperti kantin hingga restoran. 

Upaya untuk memajukan pertumbuhan UMKM, GoPay sukses menggandeng hampir 8.000 rekan usaha di Yogyakarta. 

Selama forum ini berlangsung banyak pelaku UMKM menyambut positif terhadap kegiatan tersebut. Mereka merasa Forum Pedagang Baik dinilainya cukup tepat sasaran bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. 

Baca: Dompet Digital yang Paling Banyak Dipakai di Indonesia, Siapakah Jawaranya?

Ada pula yang mengatakan, Forum Pedagang Baik dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk saling bertukar cerita terkait upaya untuk memajukan usaha yang dimiliki. 

Selain merespon Forum Pedagang Baik, tak sedikit pelaku UMKM mengapresiasi inovasi Gojek yang telah membantu dalam mengembangkan bisnis mereka. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved