Breaking News:

Mimpi CEO Blibli.com Naikkan Kelas UKM

CEO Blibli.com Kusumo Martanto bermimpi menaikkan kelas para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui program pelatihan

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Tribunnews/JEPRIMA
Suasana para pekerja Blibli.com melayani customer lewat pesawat telepon di kantor Blibli.com, WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Rabu (4/9/2019). Blibli.com sebagai perusahaan e-commerce mengungkap empat tren besar seputar layanan konsumen. Tren layanan konsumen tersebut seperti fleksibilitas waktu, layanan concierge, layanan selama 24 jam setiap hari melalui berbagai kanal, dan pengembangan sumber daya manusia untuk layanan pelanggan. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - CEO Blibli.com Kusumo Martanto bermimpi menaikkan kelas para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui program pelatihan.

“Mimpi kami berapa yang bisa dibantu naik kelas, kita bantu mereka naik kelas dari yang dulu teknologi saja mereka tidak tahu, sekarang mereka mulai melek teknologi,” kata Kusumo di kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

“Kemudian bisa berjualan online, bisa pasarkan barang dan produksinya konsisten,” tambahnya.

Blibli.com memiliki 60 ribu UKM yang merupakan peserta perlombaan Big Start.

Setelah mengikuti tahapan perlombaan, UKM Big Start selanjutnya akan dibina melalui program pelatihan yang materinya meliputi pelatihan mengatur konsistensi produksi, membuat packaging yang menarik, penjualan online, dan manajemen keuangan.

“Kita visinya ingin memajukan UKM Indonesia. Kita sangat happy bisa melakukan kerja sama yang konkret dengan pemerintah supaya pelaku UKM naik kelas,” papar dia.

Blibli.com jug berharap adanya dukungan perkuatan modal usaha dari Kemenkop dan UKM agar usaha mereka tetap berkelanjutan, bahkan bisa ekspor ke pasar keluar negeri.

“Pelatihan ini bagaimana UKM bisa ekspor sehingga menjadi kebanggaan orang Indonesia. Bangga juga bahwa yang awalnya UKM bisa, sekarang sudah naik kelas menjadi industri, terus bisa global,” urainya.

Asisten Deputi Pemasaran, Kemenkop dan UKM Destry Anna Sari mengatakan UKM yang sukses menjalankan kegiatan usahanya setelah mengikuti pelatihan akan dijadikan sebagai role model sehingga nantinya bisa memotivasi UKM.

“Kita meminta data signifikan berapa dari sekitar 500 UKM yang sudah pilihan Big Start selama 4 tahun berturut-turut yang naik kelas nanti menjadi role model. Jadi kisah sukses, jadi trigger buat UKM lain bahwa nilai peningkatan yang nyata itu perlu dishare ke masyarakat,” tutup Destry.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved