Kini Instagram Punya Fitur Cegah Aksi Bullying Online

Pencegahan yang dilakukan fitur baru ini, dengan memberitahui kepada pengguna ketika caption pada foto atau video yang diunggah dinilai ofensif.

Kini Instagram Punya Fitur Cegah Aksi Bullying Online
pixabay.com
Ilustrasi instagram 2 

Laporan Wartawan Tribunews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Instagram hadirkan fitur layanan untuk mencegah aksi bullying (penindasan), yang dilakukan penggunanya.

Mengutip dari laman situs resmi Instagram pada Selasa (17/12/2019), pencegahan yang dilakukan fitur baru ini, dengan memberitahui kepada pengguna ketika caption pada foto atau video yang diunggah dinilai ofensif.

Bila dinilai ofensif, Instagram akan memberikan pilihan kepada pengguna untuk mempertinbangkan kembali caption tersebut sebelum diunggah.

"Hal ini merupakan komitmen kami untuk melawan online bullying melalui platform kami, dengan mengembangkan Artificiall Intelligence (AI) yang dapat mengenali bentuk penindasan di Instagram," ucap Instagram dalam keterangannya.

Baca: Sosok Pasangannya Masih Dirahasiakan, Vanessa Angel Akhirnya Bocorkan Inisial Sang Suami

Fitur yang sudah hadir sejak Senin (16/12/2019), dapat mendeteksi caption yang berpotensi dianggap ofensi.

Pengguna yang menggunakan caption ofensif, akan mendapatkan notifikasi yang mirip seperti laporan bullying.

Dalam tahap awal, Instagram akan merilis fitur ini di bebrapa negara tertentu dulu, setelah itu akan merilis secara global.

Sebelumnya, Instagram sudah merilis fitur serupa, yang memberitahu para pengguna ketika komentar mereka dianggap ofensif terhadap sebuah postingan video atau foto.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved