Kaleidioskop 2019: Kominfo Rampungkan Proyek Infrastruktur Telekomunikasi Palapa Ring Timur

Proyek Palapa Ring Timur mulai operasional sejak 29 Agustus 2019 dan juga telah melewati periode uji coba operasional dan komersial.

Kaleidioskop 2019: Kominfo Rampungkan Proyek Infrastruktur Telekomunikasi Palapa Ring Timur
Josua Marunduh/National Geographic Indonesia
Reky Makapedua, Technical Engineer Palapa Ring Tengah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, melihat peta titik infrastruktur Program jaringan Palapa Ring Tengah oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang tersebar di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada 24 September 2019, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan proyek Palapa Ring Timur telah rampung.

Proyek Palapa Ring Timur mulai operasional sejak 29 Agustus 2019 dan juga telah melewati periode uji coba operasional dan komersial.

Palapa Ring Timur ini mengintergrasikan jaringan yang sudah ada, dengan jaringan baru pada wilayah timur Indonesia.

Palapa Ring Timur menjangkau 51 kabupaten dan kota yang melalui 4 provinsi, yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua, dan Papua Barat. yang terdiri dari layanan di 35 kota dan kabupaten, dan interkoneksi di 16 kabupaten dan kota.

Baca: Gagal Jadi Dirut PLN, Rudiantara Dijanjikan Jabatan Lain di BUMN?

"Proyek ini Sudah selesai 100 persen. Kalau meresmikan tinggal tunggu momentum saja, sudah bisa dipakai," kata Rudiantara di acara IDBYTE Esport 2019, di ICE BSD, Tangerang, Jumat (13/9/2019).

Menurut Rudiantara, pihaknya sudah melakukan uji coba jaringan internet cepat Palapa Ring Timur. Uji coba ini dilakukan melalui percobaan panggilan video dari Nunukan, Kalimantan Utara ke Asmat, Papua.

Menteri Rudiantara menjelaskan, proyek Palapa Ring mampu meningkatkan sejumlah sektor potensial di wilayah Timur Indonesia. Salah satunya yakni industri game, yang peminatnya menurut Rudiantara semakin banyak di Tanah Air.

Penyelesaian Proyek Palapa Ring Timur menandakan selesainnya Proyek Palapa Ring secara keseluruhan, menyusul Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah

Dalam hal ini, Pemerintah membagi infrastruktur Palapa Ring di Indonesia menjadi paket Barat, Tengah, dan Timur berdasarkan letak geografis.

Halaman
12
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved