Review realme Buds Air, Lengkap Fitur dengan Harga Kompetitif

realme mengambil lompatan besar dalam waktu singkat. Mereka melakukan lompatan ke segmen yang sedang panas yaitu AIoT.

Review realme Buds Air, Lengkap Fitur dengan Harga Kompetitif
realme
Penampakan realme Buds Air. 

TRIBUNNEWS.COM - realme mengambil lompatan besar dalam waktu singkat. Mereka melakukan lompatan ke segmen yang sedang panas yaitu AIoT. Sebuah strategi adalah yang tepat waktu, di mana pasar baru mulai terbuka akan hal ini. realme Buds Air mulai resmi hari ini Selasa (14/1/2020), dan menjadi produk True Wireless Stereo atau TWS perdana mereka. Dapat diprediksi, produk tersebut akan cepat mendapatkan popularitas berkat harganya yang terjangkau serta beragam fitur yang dibawanya.

Sampai saat ini, Apple AirPods masih salah satu yang terbaik tetapi TWS ini datang dengan harga yang tidak murah. Jadi apakah realme Buds Air ini bisa mendobrak citra TWS terjangkau namun berkualitas tinggi? Mari simak ulasannya di bawah ini. 

Paket Penjualan

Di dalam kotak Anda akan menemukan case sebagai tempat menaruh earbud sekaligus tempat pengisian daya, buku petunjuk, kabel data USB Tipe-C.

Fitur dan Kinerja

realme Buds Air hadir dalam case kecil dan ringan, hanya berbobot sekitar 42 gram serta dimensinya 51,3 x 45,3 x 25,3mm. Bahkan berat earbud itu sendiri, masing-masing hanya sekitar 4 gram. Ya, jika bicara desain harus saya akui desainnya mirip dengan AirPods Apple. Apalagi unit review ini warna putih, maka semakin menguatkan kesan desain TWS dari Apple itu. Hanya saja pada bagian branding di case, ada pesan "Designed by realme".

TWS realme Buds Air ini mendukung koneksi Bluetooth 5.0, untuk pengalaman audio bebas kabel sepenuhnya. Pada case terdapat lampu LED dan tombol untuk memasangkan ke smartphone. Persentase pengisian mengubah warna lampu dari hijau, menjadi kuning, menjadi merah berdasarkan tiga kapasitas baterai (100-67 untuk hijau, 66-34 untuk kuning, dan di bawah 33 untuk merah).

Karena mengusung fitur Google Fast Pair maka cukup keluarkan earbud maka secara otomatis akan aktif (jika sudah dipasangkan ke smartphone sebelumnya), masukkan earbud di telinga maka ia akan mendeteksi dengan memainkan musik secara otomatis berkat sensor deteksi. Ini adalah fitur keren yang ditemukan di Apple AirPods dan Anda bisa mendapatkannya di realme Buds Air hanya dengan ratusan ribu saja.

Selain itu, earbud ini juga mendukung pengisian daya nirkabel selain pengisian baterai melalui kabel USB Tipe-C. Sebuah fitur yang sangat jarang ditemukan di kelasnya. Bukan hanya itu, jika Anda mencolokkan misal earbud kiri di telinga kiri, Anda dapat menekan tombol sentuh sensitif dibagian pangkal batang dan menggunakan earbud tunggal.

Kualitas Suara

Apa pun desain, berat, dimensi, warna, atau faktor lainnya, salah satu yang paling penting untuk aksesori audio adalah kualitas suara itu sendiri. realme mempercayai driver bass booster 12mm demi output audio yang berkualitas. Untuk pendengar biasa, kualitas suaranya terdengar merdu tetapi ketika meningkatkan volume sampai maksimal Anda bisa merasakan menurunnya kuantitas bass. Hal ini berujung pada audio yang lebih tajam dengan treble lebih menguasai. Tetapi kembali lagi, mendengarkan musik hingga volume maksimal itu tidak baik untuk kesehatan pendengaran.

Google Assistant secara alami didukung langsung di realme Buds Air. Saat diuji fitur tersebut bekerja dengan baik dalam berbagai kesempatan. Hanya menahan panjang satu area sentuh earbud selama dua detik maka akan meluncurkan Asisten.

Teknologi peredam bising atau noise cancellation pada realme Buds Air harus diakui biasa saja. Meskipun realme mengatakan bahwa mereka telah memasukkan sesuatu fitur canggih yang disebut Environment Noise Cancelling (ENC) yang memanfaatkan dua mikrofon termasuk untuk mencoba dan mengurangi kebisingan latar belakang sebanyak mungkin, tetapi terus terang, fitur itu tidak melakukannya dengan cukup efektif. Setidaknya ketika mendengarkan musik, jika Anda mengatur volume ke tingkat yang tinggi, Buds Air cukup baik untuk menghadang kebisingan dari luar.

Daya Tahan Baterai

realme mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan sekitar 17 jam masa pakai baterai dengan baterai pada case yang disertakan (kondisi terisi penuh). Tetapi Anda harus mendengarkan musik pada volume 50% untuk mencapai hasil tersebut. Selama uji coba, earbud yang terisi penuh akan memberi Anda sekitar tiga jam masa pakai baterai tanpa henti dan case akan dapat mengisi ulang hingga 3 hingga 4 kali setelah itu Anda harus mengisi casing.

Kesimpulan

Bicara kesimpulan, realme Buds Air berada di depan dengan fitur-fitur canggih berbanding harga yang ditawarkan. Di satu sisi, menurut kami meniru AirPods adalah hal terbaik. Karena Anda tidak perlu menggali kocek dalam-dalam jika ingin pamer mengenakan TWS ini. Buds Air memiliki konektivitas sangat bagus, kontrol sentuh bekerja dengan baik, dan kualitas suaranya cukup baik.

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved