Breaking News:

Karya Anak Bangsa

Pemkab Belitung Ajak Elemen Masyarakat Majukan Pariwisata, Driver Ojol Dilatih Jadi Guide

Melimpahnya wisata yang dimiliki Belitung, Pemkab Belitung pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkontribusi bersama, termasuk mitra ojol.

BizzInsight
Gojek
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk para mitra driver ojek online dalam mengembangkan pariwisata Belitung dari sisi transportasi. 

TRIBUNNEWS.COM – Sektor pariwisata menjadi salah satu fokus pemerintah. Sejak diumumkannya 10 “Bali Baru” pada bulan Oktober 2018 lalu, tidak hanya pemerintah pusat, namun pemerintah daerah pun turut andil dalam mengembangkan sektor pariwisata Indonesia.

Nah, salah satu dari 10 “Bali Baru” tersebut ialah Pantai Tanjung Kelayang di provinsi Bangka Belitung.

Tidak hanya pantai Tanjung Kelayang, Belitung juga menyimpan destinasi wisata lainnya yang siap memanjakan kamu. Ada Pantai Tanjung Tinggi, Bukit Perahu, Danau Kaolin, hingga Museum Kata. Bahkan, Pulau Belitung ternyata merupakan penghasil batu satam satu-satunya di dunia.

Batu ini terbentuk dari proses alam atas reaksi tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah jutaan tahun lalu.

Dengan melimpahnya wisata yang dimiliki Belitung, Pemkab Belitung pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkontribusi bersama, termasuk para mitra driver ojek online dalam mengembangkan pariwisata Belitung dari sisi transportasi.

Untuk itu, Pemkab Belitung mengadakan kolaborasi dengan Gojek berupa Peluncuran Pelatihan Perdana Gojek Wisata Belitung yang bertempat di Belitong Geopark Information Center (21/1/2020).  

“Kami yakin, program ini merupakan inisiatif positif bagi Pemkab Belitung maupun Gojek. Kita sadari bersama, transportasi menjadi salah satu penunjang utama kemajuan sektor pariwisata sebuah daerah. Karena dari situ wisatawan akan mendapat kemudahan dalam mengakses lokasi-lokasi wisata dengan mudah, murah, dan nyaman. Apalagi kita melihat sendiri bahwa saat ini keberadaan Gojek sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia dan terpercaya dalam memberikan pelayanan terbaiknya,” ujar Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

Gojek 127-2
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie bersalaman dengan District Head Gojek Palembang Steven William

Acara pelatihan tersebut merupakan bentuk komitmen Gojek dalam melanjutkan program Gojek Wisata Belitung dengan membekali dan mendorong para mitra driver sebagai duta wisata layaknya seorang pemandu wisata.

Erika Agustine, Vice President Gojek untuk wilayah Sumbagsel mengatakan, “Visi untuk turut berkontribusi memajukan pariwisata Belitung telah kami jaga sejak pertama kali mengaspal di Belitung tahun 2017 lalu. Tentunya, komitmen menjadi hal berikutnya yang harus kami berikan untuk mewujudkan visi tersebut. Salah satunya dengan mendorong mitra driver kami menjadi motor melalui peran terbaru mereka sebagai duta wisata bagi Kabupaten Belitung. Melalui pelatihan ini pula, mitra driver kami akan memiliki keterampilan yang penting untuk bisa membuat mereka lebih berdaya dan produktif sebagai individu.”

Pada pelatihan tersebut, para mitra driver dibekali dengan pengetahuan untuk bagaimana menjadi seorang pemandu wisata yang ramah, informatif, dan memiliki semangat untuk membangun Belitung melalui potensi wisatanya.

Hal ini menjadi poin penting karena mereka seringkali berinteraksi dengan para wisatawan dan tentunya menjadi sumber informasi terhadap ekosistem wisata yang dimiliki Belitung.

“Dengan predikat Belitung sebagai salah satu dari “Sepuluh Bali Baru" dan juga Geopark Belitong yang sedang diperjuangkan untuk mendapatkan pengakuan sebagai UNESCO Global Geopark, tentu banyak objek wisata dan geosite-geosite yang perlu kita kenalkan kepada wisatawan. Hal inilah yang juga kami bekali kepada mitra driver Gojek,” ujar Yudianto Evan Setiawan selaku pengelola Belitong Geopark Information Center.

Gojek 127-3
Pengelola Belitung Geopark Information Center, Yudi Setiawan, sedang memberi penjelasan pada para mitra Gojek peserta pelatihan Gojek Wisata Belitung

Gojek sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pemkab Belitung dan berharap kolaborasi positif semacam ini bisa terus berlanjut dalam berbagai kesempatan potensial lainnya. Selain itu, diharapkan program ini juga turut mengangkat keberadaan mitra driver sebagai sosok yang dapat diandalkan dalam pertumbuhan sektor pariwisata Belitung.

Syawal (25 tahun), salah satu mitra GoRide asal Belitung mengatakan bahwa program ini merupakan sebuah kepercayaan besar bagi para mitra Gojek. Ia dan teman-teman sesama mitra driver lainnya pun semakin bersemangat untuk bisa segera berinteraksi dengan wisatawan dan menunjukkan berbagai obyek wisata luar biasa yang dimiliki Belitung.

“Kami yakin mampu memberikan kontribusi terbaik, apalagi setelah mendapatkan pembekalan dari Pemkab Belitung,” ujar Syawal.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/ Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved