Breaking News:

Dibandingkan dengan Kamera, Ternyata Ini Kelemahan Mata Manusia

Banyak orang yang berpikir jika lensa terbaik di dunia ini adalah mata manusia. Anggapan ini bisa dibilang tak salah namun juga tak benar.

Shutterstock
Ilustrasi Lensa. 

TRIBUNNEWS.COM – Banyak orang yang berpikir jika lensa terbaik di dunia ini adalah mata manusia. Anggapan ini bisa dibilang tak sepenuhnya salah namun juga tak sepenuhnya benar. Untuk menemukan jawabannya, pernahkah kamu berpikir jika mata benar-benar bisa menangkap apa yang terlihat?

Jawabannya adalah tidak. Tak semua benda bisa terlihat dengan jelas oleh mata kita, contohnya mata kita tak bisa melihat secara jelas objek yang posisi sangat jauh dari tempat kita berada.

Disinilah kehebatan kamera terlihat. Dengan kecanggihan teknologi yang ada sekarang ini, kamera mampu melihat objek yang berada sangat jauh secara jelas.

Semua hal itu bisa terjadi berkat teknologi kamera yang makin hari makin canggih saja. Berkat teknologi ini, mengambil gambar atau video jarak jauh baik saat menonton konser, menonton sepak bola, mengabadikan objek binatang yang ada di langit maupun di lautan, dan beragam objek yang letaknya jauh bisa terlihat sangat jernih dan jelas seolah-olah objek tersebut berada di depan mata kita.

Untungnya lagi tak hanya ada pada kamera DSLR saja, teknologi zoom berkualitas sangat baik juga hadir pada kamera smartphone, sehingga hanya dengan sekali klik saja kita bisa mengabadikan objek jarak jauh yang diinginkan kapan pun dan dimana pun kita berada.

Pada kamera smartphone, teknologi zoom ini punya beberapa proses yang berbeda. Proses ini dibagi menjadi optical zoom, digital zoom, dan hybrid zoom.

Optical zoom adalah proses pembesaran gambar menggunakan elemen lensa yang bergerak dengan aperture yang akan mengikuti seberapa jauh zoom tersebut dilakukan sehingga tidak mengorbankan kualitas resolusi yang ada. Maka dari itulah proses optical zoom ini menawarkan kualitas foto tertinggi bila dibandingkan digital zoom atau hybrid zoom.

Lainya halnya dengan digital zoom. Proses pembesaran ini memanfaatkan pembesaran objek secara digital dengan cara memotong sedikit demi sedikit hasil jepretan agar objek yang jauh terlihat lebih dekat. Maka dari itulah bila dibandingkan dengan optical zoom, gambar atau video yang dihasilkan dari proses ini terlihat sering pecah-pecah dan tak jelas.

Yang terakhir adalah hybrid zoom. Menggabungkan optical zoom dan digital zoom, serta software membuat foto yang dihasilkan tampak lebih halus dan berkualitas lebih baik ketimbang digital zoom biasa.

Maka dari itu, berkat teknologi zoom di atas hasil foto dan video yang memuaskan ini tak ayal membuat kita selalu mengunggahnya ke media sosial seperti instagram, twitter, facebook, bahkan tiktok yang kini tengah populer dikalangan masyarakat. Foto yang dihasilkan membuat kita merasa eksis dan menaikan pamor kita lewat jumlah likes serta view yang ada.

Namun begitu, tak hanya sekedar zoom dalam pengambilan foto saja, ternyata kemampuan menghasilkan video yang bagus bahkan dengan kualitas 8K ternyata juga dibutuhkan agar bisa membagikan apa yang kita lihat secara sempurna dan lengkap.

Apalagi kini selain foto, di media sosial juga tengah tren membagikan postingan berupa video seperti instastories, merekam vlog dan mengunggahnya ke Youtube, hingga melakukan challenge tiktok any song yang tengah hits saat ini.

Kenapa harus video berkualitas 8K? itu karena dengan resolusi video yang terus meningkat, video berkualitas tinggi sangatlah dibutuhkan karena mampu menampilkan video yang mendetail, tajam, dan secara baik menunjukkan beragam emosi serta detail terkecil sekalipun sehingga hasil video sangatlah sempurna.

Resolusi video yang masih sangat jarang dimiliki smartphone ini juga sangat layak dijadikan perangkat merekam video pemandangan alam; merekam momen-momen terpenting dan terbaik saat berkumpul bersama keluarga, pasangan, dan teman-teman sekaligus menonton kualitas video 8K secara bersama-sama;  bahkan hingga bisa merekam video pendek berkualitas terbaik.

Intinya dengan kamera smartphone yang tepat semua aktivitas memotret foto dan merekam video terasa istimewa dan berkualitas sangat baik sehingga tak hanya menjadi pengingat memori dan kenangan terbaik saja tetapi juga menjadi alat untuk eksis bahkan mewujudkan mimpi-mimpi kita.(*)

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved