Ciptakan Lingkungan Internet Positif, TikTok Kampanyekan #SamaSamaNyaman

Dalam kampanye ini, TikTok juga bekerja sama dengan gerakan dan komunitas anti-bullying yaitu "Sudah Dong"

Ciptakan Lingkungan Internet Positif, TikTok Kampanyekan #SamaSamaNyaman
TRIBUNNEWS.COM/HARI
Kreator TikTok Utari Hues, pendiri Komunitas Sudang Dong Katyana Wardana, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemkominfo, Ferdinandus Setu, dan Head of Public Policy TikTok Indonesia Donny Eryastha, di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - TikTok luncurkan kampanye bertajuk "Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman", untuk mengajak pengguna media sosial menciptakan lingkungan internet yang positif.

Dalam kampanye ini, TikTok juga bekerja sama dengan gerakan dan komunitas anti-bullying yaitu "Sudah Dong" dan kampanye juga didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Head of Public Policy TikTok Indonesia, Donny Eryastha, mengatakan TikTok merupakan platform bagi siapapun unyuk mengekspresikasi kreativitasnya, memiliki prioritas utama terhadap lingkungan internet yang positif.

"Kami memprioritaskan untuk memberi lingkungan yang aman, yang membuat semua orang merasa nyaman saat mengekspresikan dirinya secara terbuka dan kreatif," ucap Donny, di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Baca: Wali Kota Solo Hadi Rudyatmo Sebut Kunci Toleransi adalah Legowo: Apapun Dilakukan untuk Masyarakat

Ia menambahkan, dalam kampanye ini TikTok juga menghadirkan buku panduan berjudul "Sama-Sama Aman Sama-Sama Nyaman".

"Buku ini berisi tips mengenai cara menghadapai cyberbullying secara umum, dan terdapat pula fitur keamanan di TikTok," ujar Donny.

Sementara itu, menurut pendiri Komunitas Sudang Dong, Katyana Wardana menyebutkan kolaborasi dengan TikTok dalam kampanye ini dapat memberikan kontribusi dalam menjaga kenyamanan pengguna TikTok yang didominasi anak muda.

"Dengan adanya buku panduan ini tentunya akan memberikan informasi yang mudah dipahami, mengenai apa itu bullying, langkah apa yang perlu dilakukan jika menyaksikan aksi bullying, tips menggunakan internet dengan cerdas," ujar Katyana.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemkominfo, Ferdinandus Setu, menyampaikan dukungannya terhadap kampanye yang dilakukan TikTok.

"Kemenkominfo sangat mengapresiasi langkah TikTok melalui kampanye ini untuk menjadi kemanan dan kenyamanan penggunanya, dan aktif melawan cyberbullying yang kerap terjadi," kata Ferdinandus.

Menurut Ferdinandus, kampanye ini tentunya sejalan dengan bebraoa program yang Kemkominfo miliki dalam bentuk sosialisasi, roadshow, dan forum diskusi untuk mengkampanyekan internet yang sehat dan aman.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved