Anak Muda Ini Sukses Bangun Startup Pendanaan Bisnis Franchise, Investornya 34.000

Sebelum merintis startup-nya, Giovanni pernah bekerja sebagai insinyur perangkat lunak sejak 2014

Anak Muda Ini Sukses Bangun Startup Pendanaan Bisnis Franchise, Investornya 34.000
DOK. STMIK Nusa Mandiri
Giovanni Umboh, founder dan CEO Bizhare, startup yang berkiprah di crowdfuding pendanaan bisnis franchise dengan investor mencapai 34.000 di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Giovanni Umboh, alumni Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) lulusan tahun 2018, sukses membangun startup Bizhare, sebuah platform equity crowdfunding untuk pendanaan bisnis franchise pertama dan terbesar di Indonesia.

Kini, Bizhare memiliki sekitar 34.000 investor dari seluruh Indonesia.

“Sistem Equilty Crowdfunding adalah sistem investasi gotong royong dimana masyarakat melakukan gotong royong atau patungan untuk menjadi pemilik sebuah usaha tanpa harus terlibat dalam operasionalnya,” ujar Giovanni.

Giovanni menjelaskan, startup ini dia rintis sejak masa kuliah yakni pada tahun 2017.

Ide awal pembentukannya, untuk membantu UKM dalam melakukan ekspansi bisnis mereka, sekaligus juga membantu masyarakat untuk dapat berinvestasi bisnis dengan modal yang kecil.

Giovanni memaparkan motivasinya membuat startup Bizhare. Dari hasil riset yang dia jalankan, dia menemukan data bahwa 40 persen milenialsterlilit hutang karena tuntutan gaya hidup dan hubungan sosial. 

Riset yang dia dalam dari beberapa sumber juga mendapati bahwa 44 persen milenial rela berhutang untuk memuaskan hobi travelling, dan 60 persen milenial rela untuk makan atau minum di tempat yang Instagramable.

“Melihat permasalahan tersebut, saya ingin lebih banyak generasi muda Indonesia sadar akan investasi sejak dini untuk mempersiapkan masa depan. Karena itu startup yang ini ditujukan bagi seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya dan milenials khususnya,” ungkapnya.

Pemilik akun @giovanni.umboh ini menjelaskan, dalam proses pembuatan startupnya ia menemui beberapa kendala.

Namun dia memiliki jurus menghadapi tantangan tersebut. Kini Giovanni menjabat sebagai Co-Founder & CTO di Bizhare.

Halaman
123
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved