Virus Corona

GrabHealth dan Good Doctor Gratiskan Telekonsultasi Covid-19

Pemeriksaan awal tersebut dilakukan melalui tanya jawab online (telekonsultasi) di platform GrabHealth powered by Good Doctor.

GrabHealth dan Good Doctor Gratiskan Telekonsultasi Covid-19
Tribunnews/Dea Duta Aulia
GrabHealth 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan layanan khusus pemeriksaan atau screening awal infeksi virus corona atau Covid-19.

Pemeriksaan awal tersebut dilakukan melalui tanya jawab online (telekonsultasi) di platform GrabHealth powered by Good Doctor.

Screening ini diharapkan dapat membantu mengindikasi masyarakat dengan risiko Covid-19 rendah, sedang maupun tinggi.

Baca: Telemedik Check Covid-19 dari Gojek dan Halodoc Siagakan 20.000 Dokter

Kemudian diberikan rekomendasi lebih lanjut oleh mitra dokter sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko rendah atau sedang, maka mitra dokter dapat menganjurkan pengguna untuk melakukan isolasi diri sendiri.

Namun apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko tinggi, maka mitra dokter dapat merekomendasikan pengguna yang bersangkutan untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang memiliki kemampuan penanganan Covid-19.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan Grab sejak awal telah menjalin komunikasi intensif dengan badan pemerintah terkait sebagai upaya antisipasi dini.

"Grab melalui GrabHealth powered by Good Doctor akan terus bekerja erat dengan lembaga pemerintah terkait, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Hal ini merupakan bagian dari inisiatif #KitaVSCorona yang kami luncurkan sebagai wujud upaya bersama memerangi Covid-19," tutur Neneng dalam teleconference, Senin (23/3/2020).

Lebih jauh lagi, online screening diharapkan dapat mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit karena bisa dilakukan dari rumah terutama selama masa social distancing sekarang ini.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana mengungkapkan Good Doctor siap tanggap mendukung dan membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan didukung sistem teknologi mumpuni, kapasitas pelayanan yang memadai dan mitra dokter yang profesional.

"Kami yakin GrabHealth powered by Good Doctor dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan. Dalam seminggu terakhir, permintaan tanya jawab di platform kami meningkat sebanyak 400 persen dengan tanya jawab seputar Covid-19 meningkat 20 kali lipat di bulan Maret dibandingkan bulan Februari," terang Danu.

GrabHealth powered by Good Doctor tersedia secara gratis di aplikasi Grab untuk smartphone Android dan iOS.

Konsultasi kesehatan di Good Doctor tidak dikenakan biaya, khusus konsultasi dengan GP atau dokter umum.

Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved