Breaking News:

Go Digital, 4 Aplikasi yang Dukung Usahamu Semakin Berkembang

4 Aplikasi ini membuat para pelaku UKM yang terkena dampak bisa bertahan bahkan berkembang layaknya di situasi normal.

Shutterstock
Ilustrasi bekerja dari rumah. 

TRIBUNNEWS.COM  - Meski PSBB transisi di Jakarta memungkinkan dibukanya kembali fasilitas umum, tidak serta-merta meningkatkan penjualan para pelaku usaha mikro. Mereka harus terus memutar otak untuk mengundang pelanggan, khususnya mereka yang masih memiliki bisnis offline.

Untuk itu, para pelaku UKM diharapkan bisa memanfaatkan teknologi digital agar operasional usaha mereka tetap berjalan walau dilakukan dari rumah.

Salah satunya dengan memanfaatkan platform digital dari HP yang memberikan pelatihan UMKM go digital sehingga para pelaku UKM yang terkena dampak bisa bertahan bahkan berkembang layaknya di situasi normal.

Aplikasi-aplikasi bermanfaat dalam manajemen bisnis ini membuat para pelaku UKM bisa mengelola sumber daya mereka secara teratur, meningkatkan performa pegawai, dan merencanakan keuangan secara baik.

Lantas apa sajakah aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan sesuai dengan manfaatnya.

Pengelolaan Pekerja

Saat PSBB sekarang ini mengelola pekerja yang bekerja dari rumah alias work from home memang menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu para pelaku UKM bisa memanfaatkan aplikasi pengelola SDM seperti HR Sleekr, Attendance, dan Talenta HR atau Zoho People.

Aplikasi Sleekr HR.
Aplikasi Sleekr HR. (sleekr.co/blog)

Aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan manajemen yang efektif karena mempunyai kelebihan seperti memuat database pegawai secara detail dan teratur, membuat proses administrasi kantor lebih cepat, penghitungan gaji pekerja yang tepat dan efisien dalam satu aplikasi, memonitor kehadiran pekerja, mengelola penilaian kerja, dan memproses data pekerja yang ada bahkan dari seluruh cabang jika memilikinya.

Contoh konkrit yang telah merasakan manfaat ini adalah startup Kartunama yang memanfaatkan aplikasi Sleekr dalam pengelolaan SDM yang meningkatkan performa sehingga efektivitas bisnis mereka tetap terjaga.

Operasional Produksi

Operasional produksi adalah tantangan terbesar yang tetap harus dilakukan walaupun di masa PSBB seperti ini. maka dari itu agar operasional produk tetap berjalan bahkan semakin meningkat efektivitasnya, memanfaatkan aplikasi yang tepat bisa jadi jalan keluar.

Contohnya aplikasi ECount ERP, Infor VISUAL, SAP Business One, dan HashMicro. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan dalam proses manajemen operasional sehingga dapat mengintegrasikan seluruh operasional produksi yang terpisah dapat berjalan secara otomatis dan lebih produktif.

Kemudahan aplikasi di atas telah dirasakan sendiri oleh unit usaha garmen Asia Citra Pratama (ACP). Dilansir dari situs SAP, penggunaan ERP membantu ACP melakukan integrasi olah data di seluruh cabang mereka dan membantu meningkatkan efisiensi operasional hingga 50 persen.

Selain itu, adapun aplikasi Deskera yang menawarkan solusi yang lengkap untuk bisnis skala kecil ke skala menengah. Didirikan pada 2008, Deskera membuat sejumlah perangkat lunak yang berfokus pada penjualan, produk, penggajian, hingga manajemen keuangan.

aplikasi Deskera.
aplikasi Deskera. (Deskera)

Sejak didirikan beberapa tahun lalu, Deskera berhasil menjadi salah satu dari 5 software terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang diterima, diantaranya adalah the Asia Pacific Practice Awards 2015 oleh FROST & SULLIVAN serta berada dalam daftar Top 10 ERP Solution Providers 2017 oleh APAC CIO, dan masih banyak lagi.

Bila tertarik menggunakan aplikasi ini, Anda berkesempatan mendapatkan GRATIS 1 tahun layanan Go Digital Deskera untuk manajemen bisnis UKM, dengan pembelian HP Probook x360 senilai Rp7 Juta!

Branding

Branding merupakan hal terpenting yang membuat bisnis bisa berkembang lebih pesat. Untuk bisa mewujudkannya, membuat website sendiri untuk usaha yang dimiliki jadi hal wajib yang harus dilakukan.

Hal ini bertujuan agar konsumen bisa melihat produk atau layanan yang Anda miliki, kemudian bisa membelinya.

Untuk bisa memiliki website sendiri, Anda bisa memanfaatkan platform pembuatan website secara gratis seperti WIX, WebsiteBuilder, Weebly, dan lain-lain.

Catatan khusus, jangan lupa berikan desain tampilan website seprofesional mungkin sehingga dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda miliki.

Selain website, agar brand bisnis Anda semakin dikenal, manfaatkanlah search engine optimization (SEO) alias tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website agar brand atau website Anda mudah ditemukan melalui search engine atau mesin pencari.

Optimasi SEO website Anda bisa dilakukan lewat penggunaan keyword tepat dan sesuai pada konten yang berhubungan dengan bisnis Anda, membuat load website yang ringgan sehingga bisa diakses secara cepat, hingga secara konsisten menampilkan konten yang relevan dengan pengunjung dan tentu saja dengan produk Anda.

Dengan begitu, kesempatan website Anda berada di posisi pencarian teratas semakin tinggi, sehingga membuat website Anda dikunjungi banyak orang, dan nantinya berimbas pada peningkatan penjualan Anda.

Pemasaran

Kegiatan pemasaran penting dilakukan para pelaku usaha agar produk atau layanan yang mereka jual diketahui masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan penjualan mereka.

Selain memanfaatkan website seperti di atas, dan sosial media, menggunakan platform lain seperti customer relationship management (CRM) dan marketing automation bisa dilakukan dalam meningkatkan efektivitas pemasaran untuk mengembangkan usaha.

Misalnya untuk mengelola hubungan dengan pelanggan secara efisien dan efektif melalui aplikasi CRM seperti Hubspot, Zoho, dan Agile.

Dashboard Aplikasi Zoho CRM.
Dashboard Aplikasi Zoho CRM. (zoho.com)

Sedangkan untuk dapat memiliki rangkaian kegiatan pemasaran otomatis yang kompleks dan lengkap bisa memanfaatkan aplikasi seperti Marketo, MTarget, dan Act-On.

Dilansir dari situs MTarget, beberapa starup seperti Taniboz, Cicil, Lingkaran, dan Moka sendiri sudah menggunakan fitur pemasaran otomatis MTarget untuk mengotimalkan pemasaran mereka.

Bagi UKM sendiri, pemanfaatan ini membuat pengelolaan perencanaan pemasaran jauh lebih efektif, efisien, dan memiliki hasil lebih maksimal dalam memberikan produk terbaik bagi pelanggan.

Pemanfaatan platform digital di atas pada kenyataan memang tidak menjamin mendatangkan keuntungan langsung kepada Anda, tetapi perlu diingat penggunaannya dapat membantu para pelaku UKM seperti Anda untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional usaha saat masa PSBB jilid II seperti sekarang ini.

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved