Breaking News:

Perangkat Komputasi Kuantum yang Anti-Penyadapan Ini Raih Penghargaan

Dengan berkembang pesatnya komputer kuantum, menjadi penting untuk mengembangkan suatu metode enkripsi yang efektif dalam memastikan komunikasi aman

CSO
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sistem Distribusi Kunci Kuantum (Quantum Key Distribution System), produk terbaru Toshiba untuk komunikasi yang aman mendapat pengakuan internasional.

Dilansir dari Infokomputer, Toshiba mengembangkan Sistem Distribusi Kunci Kuantum pertamanya untuk memberi perlindungan terhadap perubahan tanpa ijin dan serangan-serangan penyadapan.

"Perangkat ini dirancang secara estetika terbentuk halus dengan rumah logam yang tahan lama untuk menunjukkan kekokohan dan keandalannya dalam mendukung keselamatan dan keamanan informasi," kata pihak Toshiba dalam keterangan tertulis, Rabu (4/11/2020).

Dengan berkembang pesatnya komputer kuantum, menjadi penting untuk mengembangkan suatu metode enkripsi yang efektif dalam memastikan komunikasi yang aman.

Sistem distibusi kunci kuantum menjadi salah satu dari lima produk  Toshiba Corporation yang meraih penghargaan di Good Design Award Jepang 2020.

Penghargaan tahunan yang disponsori oleh Institut Disain Promosi Jepang (Japan Institute of Design Promotion) ini memberi penghargaan kepada produk-produk dengan desain dan kualitas yang baik.

Kemenangan ini menegaskan kembali komitmen menyeluruh dari Toshiba untuk meningkatkan hidup masyarakat melalui kehidupan yang aman, terjaga dan nyaman.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Besok Kamis 5 November 2020: Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di 23 Wilayah

Sebelumnya,  Vice President Corporate Toshiba dan Chief Digital Officer, Taro Shimada mengatakan, distribusi kunci kuantum atau QKD adalah bentuk kriptografi kuantum yang dirancang untuk mengamankan transmisi data ke dan dari dua pihak atau lebih melalui jaringan serat optik berkecepatan tinggi.

Kunci keefektifannya adalah menggunakan foton, yang merupakan partikel cahaya, untuk menghasilkan "kunci" yang mengamankan transmisi data terenkripsi.

"Kunci-kunci rahasia ini dihasilkan secara acak, dan aman dari peretas karena gangguan dari pihak ketiga yang tidak sah akan mengubah komposisi foton; dan itu membuat kunci yang dibuat secara acak tidak dapat dioperasikan," katanya.

Sistem Distribusi Kunci Kuantum
Sistem Distribusi Kunci Kuantum (ist)
Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved