Breaking News:

SD-WAN Berbasis Cloud Telkomtelstra Menjawab Tantangan Jaringan di Masa Depan

Telkomtelstra dengan Telstra Corporation Limited menghadirkan Software Defined Wide Area Network (SD-WAN) berbasis cloud

ist
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Telkomtelstra, perusahaan patungan antara PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dengan Telstra Corporation Limited menghadirkan Software Defined Wide Area Network (SD-WAN) berbasis cloud untuk menjawab tantangan jaringan di masa depan.

SD-WAN telah diimplementasikan ke 5.000 jaringan kantor cabang lokasi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN PT Telkom Indonesia, Buka Banyak Posisi, Buruan Daftar dan Simak Syaratnya

Baca juga: Inovasi Telkom Schools Dominasi Digi Social Fest 2020

Chief Customer Officer Telkomtelstra Agus F Abdillah menerangkan kemampuan jaringan (wide area network/WAN) tradisional melalui Multiprotocol Label Switching (MPLS) yang seringkali digunakan perusahaan tidak mampu mengakomodasi perkembangan tantangan terkini untuk memenuhi tuntutan konektivitas perusahaan.

Menurutnya, kemampuan WAN tradisional tidak memadai dalam mengakomodasi skalabilitas penggunaan cloud untuk produktivitas bisnis yang tinggi, ditambah lagi MPLS sering dinilai sebagai teknologi yang mahal.

“Kami memahami tantangan bisnis dalam menghadirkan jaringan dengan konektivitas terdepan, terutama untuk berbagai kantor cabang yang terletak di wilayah geografis Indonesia yang luas dengan banyak lokasi terpencil," kata Agus, dalam keterangannya, Rabu (4/11/2020).

"Implementasi jaringan SD-WAN ini tentunya dapat mendukung kebutuhan bisnis saat ini yang mengedepankan produktivitas dan efisiensi, terlepas dari tantangan lokasi geografis," sambung dia.

Lebih lanjut, Agus juga menyoroti fitur kunci SD-WAN lainnya yaitu instalasi zero touch dan auto failover yang dapat meminimalkan ketergantungan pada penggunaan banyak perangkat keras dan mengurangi kebutuhan pengiriman teknisi ke lokasi kantor cabang untuk setiap kebutuhan pada jaringan.

Hal ini tentunya akan menguntungkan bisnis dari sisi efisiensi dan pengelolaan biaya yang lebih baik dibandingkan dengan jaringan tradisional melalui MPLS.

Tidak hanya kinerja dan produktivitas tinggi, SD-WAN Telkomtelstra juga menawarkan opsi keamanan yang komprehensif untuk perusahaan yang menggunakan cloud dan SaaS (software as a service).

Dengan meningkatnya ancaman yang mengekspose kantor cabang terhadap risiko serangan siber tingkat lanjut, terutama dari konektivitas berbasis cloud, fitur keamanan akan memperkuat solusi SD-WAN untuk operasi kantor cabang secara aman tanpa gangguan apa pun.

“Kantor cabang dalam perusahaan di seluruh Indonesia sekarang akan memiliki akses ke konektivitas yang andal dan berkinerja tinggi dengan keamanan terdepan untuk operasional bisnis yang optimal,” pungkas Agus.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved