Breaking News:

Amazon Dikabarkan Akan Inves Rp 40 Triliun untuk Bangun Data Center di Indonesia

Amazon berencana membenamkan investasi dengan nilai triliunan rupiah untuk membangun data center di Indonesia.

SAYS MALAYSIA
Logo Amazon 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan teknologi milik Jeff Bezos, Amazon, berencana membenamkan investasi dengan nilai triliunan rupiah untuk membangun data center di Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan, nilai investasi Amazon sekitar Rp 30-40 triliun untuk mendukung bisnis komputasi awan atau cloud computing dengan membangun data center di Indonesia.

"Hal ini tentunya sangat membanggakan, karena nantinya Jawa barat bisa menjadi backbone data center yang bisa menjadi digital company di ASEAN," ujar Ridwan Kamil dalam acara West Java Summit, Senin (16/11/2020).

Ia juga mengatakan, rencananya data center yang akan dibangun oleh Amazon ini dibuka pada 2021 akhir. Amazon sendiri akan membangun tiga data center di Indonesia.

Baca juga: Empat Saran dari Bos Amazon Jeff Bezos Buat yang Akan Memulai Bisnis

"Tingginya investasi di Jawa Barat, menjadi wujud bahwa wilayah ini masih dilirik investor meski adanya pandemi Covid-19," kata Ridwan Kamil.

Selama pandemi Covid-19, lanjut Ridwan Kamil, nilai investasi meningkat hingga Rp 380 triliun dan ini membuktikan Jawa Barat disukai dan dicintai investor.

Baca juga: Asia Tenggara akan Menjadi Kawasan dengan Pertumbuhan Tercepat di Bidang Data Center

Dari berbagai investasi yang ada, menurut Ridwan Kamil, ada lima sektor di Jawa Barat yang paling diminati oleh para investor.

"Sektor konstruksi, transportasi, gudang dan komunikasi, perumahan, kawasan industri dan perkantoran, listrik, gas dan air serta industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved