Breaking News:

Catat 10 Ribu Event Online Sepanjang 2020, Inovasi LOKET Dukung Geliat Industri Hiburan

LOKET, perusahaan teknologi manajemen event terpercaya bagian dari Gojek  baru-baru ini membagikan pandangan soal tren industri hiburan

loket.com
Ilustrasi Situs LOKET. 

TRIBUNNEWS.COM - LOKET, perusahaan teknologi manajemen event terpercaya bagian dari Gojek  baru-baru ini membagikan pandangan soal tren industri hiburan di tengah era virtual.

Meskipun di tengah masa pandemi, semangat tinggi para event creator untuk terus berkarya tidak pudar. Hal ini disadari oleh Tubagus Utama selaku Head of LOKET.

“Semangat untuk terus berkarya yang didukung oleh teknologi dan inovasi LOKET membuat para event creator dapat cepat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi sejak pandemi  serta tetap mengasah kreativitas mereka,” ujar Tubagus. 

Lebih lanjut, Tubagus memberikan gambaran mengenai pertumbuhan seputar industri event dengan tren penyelenggaraan event virtual selama tahun 2020, seperti:

1. MICE Jadi Tren Kelas Online Paling Diminati 

Perubahan rutinitas harian yang kian menitikberatkan kegiatan online turut mendorong lahirnya berbagai jenis event kategori baru Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) yang unik dan berhasil menarik minat masyarakat.

Tahun lalu, LOKET mencatat sebanyak lebih dari 600 ribu tiket terjual di kategori MICE yang melingkupi kelas keuangan, kelas memasak, bisnis, dan pemasaran. Data ini meningkat 200 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dua jenis online event menarik yang mencatat antusiasme luar biasa dari masyarakat adalah kelas saham dan memasak yang masing-masing meraup lebih dari 8 ribu tiket.

2. Lebih dari 500 Ribu Pecinta Musik Padati Ruang Virtual 

Pandemi nyatanya tak menghalangi para pecinta musik untuk bertemu dan bernyanyi bersama dengan idola mereka di panggung.

Meskipun menggunakan ruang virtual, para musisi tetap bisa menghibur masyarakat lewat karya-karya terbaru mereka maupun sekadar bernyanyi bersama untuk menuntaskan kerinduan.

Di tahun 2020, LOKET berkolaborasi dengan lebih dari 200 musisi untuk menghadirkan festival dan konser musik secara virtual, yang mencatatkan lebih dari 500 ribu tiket terjual. 

3. Tren Olahraga Virtual Tembus 10  Ribu Tiket

Selain senam dan zumba, olahraga lari secara virtual kini menjadi tren di kalangan para pegiat olahraga di masa adaptasi baru.

Event lari virtual bahkan berhasil menarik antusiasme lebih lebih dari 10 ribu pegiat olahraga. Rata-rata penjualan tiket pun terbilang cepat, yakni dengan durasi kurang dari satu minggu sejak event tampil di halaman Loket.com dan GoTix, platform tiket bagian dari LOKET. 

4. Bioskop Drive-In, Alternatif Hiburan Paling Diminati Masyarakat Urban  

Menikmati hiburan dengan menonton film di layar lebar memang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup masyarakat urban.

Adanya protokol kesehatan yang membatasi menonton film di bioskop turut mendorong drive-in cinema sebagai alternatif hiburan paling aman dan nyaman untuk menikmati tayangan film terbaru.

LOKET mencatat sejak pandemi, sejumlah 155 judul telah diputar melalui drive-in cinema yang mendorong pada penjualan tiket hampir 8 ribu hingga akhir tahun 2020.

Inovasi LOKET Dukung Geliat Industri Hiburan

Ketika dampak pandemi mulai terasa Maret tahun lalu, LOKET gencar meluncurkan sejumlah inovasi guna mendukung para event creator dan musisi untuk dapat tetap berkarya. LOKET menghadirkan fitur online event yang dirilis pada masa awal transisi penyelenggaraan event secara online, disusul oleh fitur LOKET Live yang mengintegrasikan streaming video dalam satu platform Loket.com, dan LOKET Live Studio yang memudahkan siapa pun untuk bisa berkarya melalui penyelenggaraan event secara online

Inovasi-inovasi tersebut membuat LOKET mampu menjual lebih dari 1,7 juta tiket dan menjangkau  lebih dari 1 juta event goers baru. Sehingga, sekitar 8 ribu event creator dengan lebih 10 ribu penyelenggaraan event online berlangsung selama tahun 2020. Di tengah pandemi ini terdapat lebih dari 4 ribu event creator baru yang semakin menyemarakkan gelaran event online.

Teknologi LOKET juga secara langsung mendukung geliat industri hiburan melalui penyelenggaraan puluhan ribuan event dari berbagai kategori, mulai dari event olahraga, workshop, seminar, festival dan konser musik, hingga berbagai ajang konferensi. Sebanyak 10 ribu penyelenggaraan event online berlangsung sepanjang 2020 yang merupakan jumlah event online terbanyak yang diselenggarakan oleh LOKET. 

Sejalan dengan inisiatif J3K atau Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan Gojek, inovasi dan teknologi LOKET mempermudah masyarakat dalam menikmati ragam hiburan dengan cara aman dan nyaman. 

Ada pun untuk outlook 2021, LOKET memaparkan bahwa, online event masih akan mendominasi. Lalu, era hybrid pun akan dimulai, terutama jika setelah pandemi berakhir dan para event creator kembali menyelenggarakan offline event walau dengan jumlah penonton yang masih akan kecil, sehingga perlu mengkombinasikan dengan online event. Selain itu, jumlah event creator individual akan semakin bertambah berkat teknologi yang memudahkan penyelenggaraan event dan penarikan keuntungan dari event yang semakin mudah dan terfasilitasi. Terakhir, online event yang besar akan menghadirkan banyak konsep menarik dan baru, sehingga keluar dari pakem-pakem standar di 2020.

“Kami juga melihat lahirnya berbagai jenis event baru dan unik yang menarik antusiasme tinggi masyarakat, antara lain event keuangan seperti kelas-kelas saham, program memasak, kelas olahraga, hingga forum bisnis yang mencatatkan penjualan hingga ribuan tiket per event. Kami optimis tahun ini akan dapat menghadirkan lebih banyak variasi event online dan kami yakin akan muncul lebih banyak event creator baru yang menjadikan penyelenggaraan event sebagai ladang usaha yang cukup menjanjikan,” ujar Tubagus.

Sebagai pionir dalam teknologi manajemen event, menurut Tubagus, LOKET berkomitmen untuk selalu mendorong pertumbuhan industri event dan hiburan melalui berbagai inovasi terbaru yang semakin memicu kreativitas.

“Kami juga selalu memastikan bahwa teknologi LOKET dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para event creator dalam menjalankan event, juga bagi konsumen dalam menikmati berbagai hiburan menarik secara virtual. Dengan kemudahan layanan dan integrasi teknologi satu pintu melalui Loket.com serta penerapan protokol kesehatan yang ketat, kami siap mendukung para event creator semua skala dalam menghadirkan ragam event menarik di tahun 2021,” tutup Tubagus.

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved