Breaking News:

Benarkah Daya Magnet iPhone 12 Berpotensi Mengganggu Fungsi Alat Pacu Jantung?

Smartphone terbaru besutan Apple, yaitu iPhone 12 dinilai dapat berpotensi mengganggu alat pacu jantung.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
cnet.com
iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Smartphone terbaru besutan Apple, yaitu iPhone 12 dinilai dapat berpotensi mengganggu alat pacu jantung.

Menurut laman situs Smarthealth yang dikutip Senin (9/2/2021), fitur iPhone 12 yang berfungsi untuk mendukung aksesoris MagSafe dinilai berpotensi mengganggu alat pacu jantung.

Hal ini disebabkan adanya magnet di dalam bodi iPhone 12, untuk membuat aksesoris seperti wireless charger agar dapat merekat dengan kuat pada smartphone tersebut.

Baca juga: Update Harga iPhone Terbaru Februari 2021: iPhone 12 Series, iPhone SE, hingga iPhone X

Alat pacu jantung sendiri, merupakan perangkat yang ditanamkan di dalam dada atau perut untuk memonitor ritme jantung seseorang dan alat ini sangat sensitif terhadap magnet.

Sebetulnya, magnet sendiri digunakan untuk mengontrol alat pacu jantung yang berada di dalam tubuh seseorang seperti menghidupkan dan mematikan fungsi alat ini.

Mengutip laman situs NBC25 News, seorang ahli penyakit jantung dari Henry Ford and Vascular Institute Gurjit Singh melakukan uji coba terkait efek yang ditimbulkan iPhone 12 terhadap alat pacu jantung.

iPhone 12 didekatkan ke dada salah seorang pasien, dan hasilnya alat pacu jantung pun berhenti. Kemudian saat iPhone 12 dijauhkan, alat pacu jantung pun berfungsi kembali.

Dalam hal ini Singh pun menjelaskan, bahwa daya magnet iPhone 12 sangat kuat hingga mengganggu sistem kerja alat pacu jantung.

"Ini dapat berisiko bagi pengguna alat pacu jantung yang memiliki iPhone 12, dan tidak sengaja menaruh smartphone tersebut di bagian yang dekat dengan alat pacu jantung," ujar Singh.

Meski begitu, bukan berarti masyarakat yang tubuhnya ditanam alat pacu jantung tidak boleh memiliki iPhone 12. Tetapi, ini harus disikapi dengan kewaspadaan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved