Breaking News:

Google Ikuti Jejak Apple Hadirkan Fitur Anti Pelacak Data

Apple, mulai menerapkan App Tracking Transparency untuk para pengembang aplikasi di platform AppStore miliknya

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) yaitu Apple, mulai menerapkan App Tracking Transparency untuk para pengembang aplikasi di platform AppStore miliknya.

Langkah yang dilakukan Apple ini, ternyata diikuti oleh Google yang membuat fitur serupa untuk para pengembang aplikasi di Android.

Mengutip dari laman situs India Today pada Rabu (10/2/2021), Google saat ini mengembangkan fitur anti pelacakan data yang memungkinan pengguna bisa membatasi data yang digunakan pada aplikasi di platform Android.

Fitur yang dikembangkan Google ini bernama Privacy Sandbox.

Menurut Juru Bicara Google, fitur ini tentunya untuk menghasilkan ekosistem aplikasi yang sehat.

"Misi kami dalam proyek Privacy Sandbox untuk menciptakan ekosistem web yang menghormati pengguna, secara pribadi," kata Juru Bicara Google.

Meski begitu, fitur anti pelacak data versi Google pun disebut tidak akan sekeras Apple. Hingga saat ini, Google pun masih berdiskusi dengan beberapa pihak untuk menerapkan fitur tersebut.

Apple telah mulai menerapkan App Tracking Transparency lewat pembaruan iOS 14.5 beta terbaru.

Fitur terbaru Apple ini, mengharuskan pengembang aplikasi harus mencantumkan deskripsi perizinan data pengguna yang digunakan dalam aplikasi mereka.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved