Breaking News:

Wishnutama Jadi Komisaris Utama Telkomsel, Ini Kata Pengamat

Doni Ismanto mengatakan keputusan ini sempat mengejutkan publik karena penunjukkan tersebut di luar dari tradisi RUPS

Tangkap layar channel YouTube Sekretariat Presiden
Wishnutama Kusubandio 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Telkomsel baru saja melakukan penggantian jajaran komisaris dan direksi melalui Rapat Umum Pemegang Saham.

Perusahaan di bidang telco ini baru saja mengangkat mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio menjadi Komisaris Utama Telkomsel, Kamis (11/2/2021).

Pendiri Indotelko Forum Doni Ismanto mengatakan keputusan ini sempat mengejutkan publik karena penunjukkan tersebut di luar dari tradisi RUPS di perusahaan BUMN. Sebab, perombakan komisaris Telkomsel biasanya didahului RUPST/LB oleh induk usahanya yakni PT Telkom Indonesia.

Baca juga: Selain Angkat Wishnutama Jadi Komut, Telkomsel Juga Rombak Posisi Komisaris dan Direksi

"Menurut saya mengejutkan dan di luar kebiasaan selama ini. Karena biasanya yang melakukan RUPST/LB untuk merombak susunan komisaris itu dilakukan Telkom. Setelah itu disusul Telkomsel sebagai anak usahanya," kata Doni Ismanto pendiri Indotelko Forum saat dihubungi Tribunnews.com, Jumat (12/2/2021).

Baca juga: Wishnutama Resmi Jadi Komisaris Utama Telkomsel, Efektif 11 Februari, Simak Profilnya

Meski demikian, Doni tak mau berandai-andai soal pemilihan Wishnu sebagai komisaris utama Telkomsel itu apakah sudah tepat. Ia menilai yang terpenting penunjukkan tersebut tidak melanggar kepantasan di tubuh BUMN.

"Soal tepat atau tidak, itu akan terjawab oleh waktu. Setahu saya, masuknya Wishnu di Telkomsel tak melanggar aturan kepantasan BUMN. Karena, sebagai kuasa pemegang saham mayoritas, Telkom berhak untuk menentukan pengurus anak usaha BUMN untuk tingkat komisaris," jelas Doni.

Mengenai posisi komisaris utama, Doni berpendapat ada sejumlah tantangan berat untuk Wishnu saat diangkat menjadi Komisaris Utama Telkomsel. Di antaranya, dia harus memastikan visi dan misi perusahaan tersebut bisa berjalan baik.

"Komut itu biasanya diisi oleh perwakilan pemegang saham, fungsinya selain pengawasan juga memastikan visi dan misi perusahaan berjalan. Eksekusi sendiri berada di tangan Board of Director (Direksi). Wishnu harus bisa menerjemahkan visi dan misi Telkomsel karena selama ini menjadi engine revenue utama bagi Telkomgrup," tambah Doni.

Seperti diketahui, masuknya Wishnutama ke dalam jajaran Komisaris Telkomsel terbilang mengejutkan. Sebab, belum lama ini eks CEO Net TV ini didapuk menjadi Komisaris di perusahaan startup Tokopedia.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi baik dari Wishnutama dan Tokopedia terkait posisi jabatan komisaris di perusahaan startup itu apakah tetap berlanjut atau tidak.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved