Breaking News:

Pemain Lokal Dukung Aturan Kerja Sama OTT Asing dengan Operator Telko di RPP Postelsiar

Aturan kerja sama tersebut diharapkan bisa mendorong ekonomi digital Indonesia tumbuh lebih pesat dan memberikan equal playing field buat OTT lokal.

Dacast
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus mendorong agar ekonomi digital Indonesia terus bertumbuh. Salah satu caranya dengan memasukkan kerja sama antara penyedia layanan over-the-top (OTT) asing dan lokal dengan penyelenggara telekomunikasi ke dalam RPP Postelsiar.

Aturan kerja sama tersebut diharapkan bisa mendorong ekonomi digital Indonesia tumbuh lebih pesat dan memberikan equal playing field antara OTT asing dengan OTT lokal.

OTT layanan video lokal Vidio menyatakan mendukung rencana yang digagas oleh Kemenko Perekonomian dan Kemenkominfo.

Hermawan Sutanto, Deputy CEO Vidio mengatakan, Vidio sebagai OTT lokal milik Indonesia, selalu mendukung kebijakan Pemerintah, termasuk RPP Postelsiar sebagai turunan Undang-Undang No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Vidio berterima kasih atas upaya yang dilakukan Pemerintah dalam menyetarakan playing field antara pemain asing dengan pemain lokal dan tentunya mendukung kerja sama perusahaan OTT dan perusahaan telekomunikasi nasional," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Untuk Perkuat Ekosistem Digital Indonesia, RPP Postelsiar Perlu Atur Kewajiban Kerja Sama OTT

Dia mengatakan, kolaborasi yang erat antara perusahaan OTT dengan operator telekomunikasi memiliki potensi besar dalam mendorong kemajuan ekonomi digital nasional yang tengah digalakkan Presiden Jokowi.

Baca juga: OTT dan Kedaulatan Siber

Hermawan juga menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh yang diberikan seluruh operator telekomunikasi nasional yang selama ini sudah bekerja sama dengan unit usaha EMTEK Group tersebut.

Dia mengatakan, saat ini Vidio sudah bekerja sama dengan XL, Indosat, Tri, Smartfren, Telkom dan Telkomsel.

Menurutnya, operator telekomunikasi nasional benar-benar memperhatikan perusahaan OTT lokal seperti Vidio yang mengusung konten-konten lokal sehingga terbentuk ekosistem ekonomi digital dan kreatif lokal yang sangat kuat dan saling menguntungkan.

Kerja sama yang terjalin baik antara Vidio dan perusahaan telekomunikasi ini dapat memastikan jaminan kualitas dari koneksi data sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan OTT dalam menikmati layanan live streaming konten, seperti siaran langsung olahraga, dan video on demand (VOD) seperti local original series dan drama korea.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved