Breaking News:

Eks Engineer SpaceX Dinyatakan Bersalah Atas Penjualan Tips di Situs Dark Web

Perusahaan antariksa SpaceX melaporkan adanya tindakan kecurangan yang dilakukan salah satu karyawannya.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan antariksa SpaceX melaporkan adanya tindakan kecurangan yang dilakukan salah satu karyawannya.

Karyawan itu diketahui adalah teknisi atau engineer dinyatakan bersalah atas tindakan konspirasi kecurangan keamanan. Modus itu dilakukan dengan cara menjual tips orang dalam ke dalam situs penjualan ilegal dark web.

Engineer ini menjual tips dari orang dalam untuk diperdagangkan dalam jual beli saham.

Menurut laporan Reuters, Senin (22/3/2021) kasus ini diumumkan oleh Departemen Kehakiman dan Komisi Keamanan dan Bursa AS (SEC). SEC menyebut, kasus ini langsung ditangani oleh pihaknya dan langsung dibawa ke persidangan.

SEC melakukan peradilan lantaran adanya dugaan pelanggaran keamanan di dark web. Kasus bocornya data perusahaan yang kemudian dijual di dark web memang sering mengintai perusahaan besar di AS.

Otak kasus ini dilakukan oleh eks engineer SpaceX bernama James Roland Jones dari Redondo Beach, California. Akibat tindak pidana itu, Departemen Kehakiman memvonis hukuman penjara federal maksimal lima tahun kurungan penjara kepada Jones.

Aksi Jones di SpaceX rupanya sudah dilakukan sejak lama. Ia pertama kali melakukan aksi kriminalnya sejak 2016 hingga 2017, setelah 3 tahun berselang aksinya pun ketahuan.

Jones tak sendiri dalam melakukan aksinya tak sendiri. Ia berkonspirasi dengan orang lain yang tidak disebutkan namanya dan mengakses sejumlah marketplace di dark web.

Jones bersama seorang tersangka tersebut melakukan aksinya dengan mengaku sebagai orang dalam di forum perdagangan dark web. Hal itu dilakukan demi mendapatkan materi dan informasi non-publik yang digunakannya untuk mengamankan jual beli sahamnya.

Situs Dark web memang dikenal sebagai web yang mengizinkan para penggunanya untuk mengakses internet secara anonim. Melalui dark web pula banyak pengakses melakukan aktivitas ilegal seperti memperjualbelikan informasi rahasia dan data pengguna sebuah aplikasi.

Menurut SEC, Jones juga membuat skema untuk menjual apa yang diklaimnya sebagai tips orang dalam di dark web.

Sejumlah pengguna bahkan sudah sempat membeli tips orang dalam tersebut menggunakan pertukaran Bitcoin. Meski informasi yang disajikan oleh Jones tidak sepenuhnya akurat, penjualan tips ini terbilang laku di dark web.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved