Breaking News:

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs 48 Tahun Lalu Terjual Rp 3 Miliar dalam Sebuah Lelang di Inggris

Secarik surat lamaran pekerjaan yang ditulis Steve Jobs, dikabarkan laku terjual melalui sebuah lelang

Kompas.com
Steve Jobs. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM - Karya dan warisan teknologi pendiri Apple memang tak pernah lekang oleh waktu.

Seperti teknologi yang diwariskan oleh mending Steve Jobs yang meninggal pada 2011 lalu. Bahkan ada satu peninggalan fenomenalnya yang dihargai mahal selain MacBook dan iPhone.

Secarik surat lamaran pekerjaan yang ditulis Steve Jobs, dikabarkan laku terjual melalui sebuah lelang. Selembar kertas itu terjual dengan harga 162.000 Poundsterling atau sekitar Rp 3,2 miliar dalam sebuah lelang yang digelar oleh Charterfields di London, Inggris.

Baca juga: Putri Bungsu Steve Jobs Debut sebagai Model: Ibunya Larang Eve Warisi Harta Jobs Rp 496 Trilliun

Mengutip laporan Business Today, Jumat (26/3/2021), tidak disebutkan sosok pembeli yang rela membayar surat lamaran Jobs dalam dilelang tersebut.

Kertas yang sudah berwarna kekuningan itu berisi selembar kertas kuesioner yang diisi oleh Jobs dengan tulisan tangan ala yang rapi.

Jobs diketahui menulis surat itu usai dirinya memutuskan keluar dari sekolah Reed College di Portland, Oregon, Amerika Serikat pada tahun 1973.

Baca juga: Gawe.id, Aplikasi untuk Para Jobseeker Agar Cepat Dapat Kerja

Dalam surat lamaran itu, Jobs menuliskan sejumlah keahliannya di bidang komputer dan kalkulator. Ia juga menjabarkan kemampuannya di sektor teknologi elektronik dan design engineer.

Jobs menambahkan pula portofolio Bahasa Inggris sebagai salah satu bidang ilmu yang ia pelajari selama mengenyam pendidikan. Sementara pada kolom alamat diisi dengan tulisan "Reed College", sekolah terakhir yang pernah diikutinya sejak ia berusia 18 tahun.

Ada yang unik dalam surat lamaran berusia 48 tahun itu. Jobs diketahui sudah memiliki izin berkendara.

Namun, ketika ditanya akses untuk transportasi, Jobs menjawab "mungkin tapi tak memungkinkan". Sementara di bagian kolom nomor telepon diisi dengan pernyataan "tidak ada".

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs terjual dengan harga fantastis | The Sun
Surat Lamaran Kerja Steve Jobs terjual dengan harga fantastis | The Sun (The Sun)

Untuk menunjukan keaslian, terdapat sertifikat yang menunjukan keaslian dari surat lamaran tersebut lengkap dengan bubuhan tanda tangan Jobs di dalamnya.

Namun, informasi perusahaan mana dan posisi apa yang dilamar oleh Jobs melalui surat itu tak tercantum.

Bila melihat riwayat Jobs, surat lamaran itu ditulis tiga tahun sebelum dirinya mendirikan Apple. Jobs bersama Steve Wozniak mendirikan Apple pada 1976 di Mountain View dan meluncurkan produk komputer pertamanya bernama Apple 1.

Ini bukan pertama kalinya surat lamaran pekerjaan milik Jobs dilelang dan laku terjual. Dokumen itu sempat laku dijual seharga 175.000 Dollar AS dalam sebuah lelang yang digelar oleh RR Auction di Amerika Serikat pada 2018 lalu.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved