Breaking News:

34 Perusahaan Ini Sukses Bertransformasi ke Digital dalam Praktik Bisnisnya

Dunia usaha saat ini berlomba memanfaatkan teknologi dan platform digital untuk menopang keberlangsungan bisnisnya.

dok.
Irnanda Laksanawan Ph.D 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ajakan Presiden Jokowi kepada dunia usaha agar melakukan transformasi digital menyambut era Industri 4.0 pada core business dan layanannya mendapat sambutan banyak perusahaan.

Terbukti, dunia usaha saat ini berlomba memanfaatkan teknologi dan platform digital untuk menopang keberlangsungan bisnisnya.

"Saat ini waktunya bagi perusahaan membuktikan implementasi dari transformasi digital sebagai penyelamat ekonomi, bisnis, dan pelayanan masyarakat," ujar Ketua Penyelenggara Digital Technology & Innovation Award 2021 Irnanda Laksanawan Ph.D, Kamis (1/4/2021). 

"Salah satu hikmah dari pandemi Covid-19 adalah menunjukkan betapa pentingnya produk digital bagi kehidupan manusia," ungkapnya.

Dia mengatakan di era Industri 4.0 ini, teknologi digital sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. M

Misalnya untuk kebutuhan berkomunikasi, mengkonsumsi makanan, berbelanja hingga kebutuhan beragam pembayaran. Semuanya bisa dilakukan melalui perangkat digital kita yang tersedia di Android atau IOS.

Baca juga: Aplikasinya Sering Error, Instagram Minta Maaf di Twitter

Bagian dari implementasi teknologi digita ini, sebanyak 29 perusahaan BUMN, 3 BUMD dan dua dari sektor swasta mendapatkan penghargaan di ajang bergengsi Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2021 yang diselenggarakan Itech bekerjasama dengan FORTI BUMN, Kementerian Ristek BRIN, BPPT, dan Kementerian Perindustrian di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi, Tanpa Gunakan Aplikasi Tambahan

Kegiatan ini didukung pakar dan profesional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi ICT dan inovasi perusahaan, terutama dalam menghadapi perubahan perkembangan dunia bisnis.

Baca juga: Cara Menghemat Memori Penyimpanan WhatsApp, HP Jadi Tidak Lemot

Dr. Ir. Bambang Setiadi, M.S, Ketua Dewan Juri menjelaskan, dari proses penjurian  banyak pembelajaran berharga yang didapat untuk pengembangan berbagai ekosistem industri demi mencapai pertumbuhan yang sustainable di era digital.

Diantaranya adalah implementasi Inisiatif Strategis Transformasi Digital dalam menghadapi 3 tantangan besar yakni secure, survive dan sustain.

Digital Technology & Innovation Award 2021 diikuti sekitar 400 perusahaan BUMN, BUMD, dan swasta yang menjadi nominasi dan menyaring sekitar 40 perusahaan yang memenuhi syarat yang diundang untuk memberikan presentasi dan wawancara. Hasilnya 34 perusahaan terbaik terpilih oleh dewan juri dan dinyatakan sebagai pemenang.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved