Breaking News:

Adaptasi dengan Perubahan Tren, Panasonic Geber Strategi Marketing di Platform Digital

Strategi ini terbukti berhasil menggenjot penjualan dan sekaligus brand awareness.

dok.
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengantisipasi perubahan perilaku konsumen yang makin akrab platform digital di masa pandemi membuat banyak perusahaan cepat beradaptasi.

Pandemi terbukti mampu mengakselerasi masyarakat mengadopsi teknologi digital untuk mempermudah kehidupan sehari-hari, selain juga untuk mendapatkan solusi interaksi yang contactless dari keharusan melakukan social distancing.

Strategi adaptasi ke platform digital ini sukses diterapkan oleh PT Panasonic Manufacturing Indonesia. 

Perusahaan yang mengawali bisnis pompa air sejak 1988 di bawah bendera PT National Gobel dengan brand National, ini kini serius menggarap strategi marketing di beragam platform digital.

Platform digital dipakai perusahaan ini untuk mengedukasi pasar-pasar baru, terutama kalangan milenial yang digital minded. Diantaranya, memanfaatkan platform digital untuk penjualan produk via online.

Seperti dituturkan Head of Life Solutions Sales & Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia, Rawenda, perusahaannya memanfaatkan media sosial mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, Youtube bahkan TikTok, untuk membuat konten yang informatif tentang produk.

Baca juga: TAF Kenalkan Inovasi Digital E-Catalog di IIMS Hybrid 2021, Begini Cara Mengunduhnya

Dia menjelaskan, mengungkapkan perkembangan digital marketing selama 10 tahun terakhir telah menjadi prioritas bagi Panasonic khususnya di produk pompa air.

Baca juga: Travel Influencer Sam Kolder Bocorkan Drone Terbaru dari DJI, Apa Keunggulannya?

Panasonic menjalin kerja sama dengan sejumlah online shop seperti blibli.com, jualelektronik.com, rumahpompaofficial, JD.id dan beragam online shop. Langkah ini membuat Pompa air Pansonic semakin dikenal.

Baca juga: Layanan Transaksi Digital Banking Tumbuh 50 Persen, CIMB Niaga Optimalkan Fitur Platform

“Selain itu konten yang informatif lewat social media (Instagram, twitter, facebook, youtube bahkan tiktok) yang kami punya menjadi referensi agar konsumen dapat memilih pompa Panasonic sebagai pilihan utama untuk kebutuhan di rumah,” jelas Rawenda, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Periscope Tutup Layanan di Play Store dan App Store, Pamitan di Twitter

Strategi ini terbukti berhasil menggenjot penjualan dan sekaligus brand awareness. Oleh pihak eksternal pencapaian ini juga diakui dengan didapatkannya penghargaan Brand Choice Award 2021 untuk kategori Pompa Air.

“Pencapaian ini menjadi awal yang baik untuk menjalani tahun yang baru, dan semoga kami dapat mempertahankan segala yang sudah kami lakukan di 2020," ujar Rawenda.

"Hal ini akan kami tingkatkan di tahun 2021, terutama dalam hal digital activity, di mana secara kompetisi di market lebih besar lagi. Kami akan terus berinovasi, dengan kreasi dan inovasi kami untuk meningkatkan penjualan di e-commerce, dan meningkatkan brand awareness di digital,” lanjut Rawenda.

CEO Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo menilai pencapaian Panasonic merupakan bukti keberhasilan dalam menjaga brand awareness di ranah digital, sehingga membuat Pompa Air Panasonic menjadi salah satu produk pilihan masyarakat.

“Popularitasnya di ranah digital membuktikan Pompa Air merek Panasonic telah memuaskan konsumen,” ujar Tri.

Tri menjelaskan, digitalisasi telah mendisrupsi hampir seluruh lini bisnis dalam waktu singkat. Jika sebelumnya sebuah brand perlu melewati proses yang tidak sebentar untuk memiliki brand equity yang kuat, kini membangun brand equity bisa menjadi lebih cepat.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved