Breaking News:

Indosat Ooredoo Uji Coba OpenRAN di Ambon untuk Perkuat Jaringan 4G Maluku

Pengujian ini untuk meningkatkan dan memperluas jaringan 4G untuk data video berkualitas.

TRIBUN/HO
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indosat Ooredoo melakukan uji coba lapangan terhadap OpenRAN atau Radio Access Network dengan, untuk proof of concept dan uji fungsional atas konektivitas jaringan.

SPV Head of Technology Strategy and Partnership Indosat Ooredoo, Kees Van Peer mengatakan pengujian ini untuk meningkatkan dan memperluas jaringan 4G untuk data video berkualitas layanan internet yang semakin baik bagi pelanggan Indosat Ooredoo.

Kees menyebutkan, keberhasilan pengujian OpenRAN yang dilakukan di Ambon dan sejumlah lokasi di Maluku akan membuat jaringan Indosat Ooredoo menjadi lebih kokoh untuk menyediakan teknologi baru di infrastruktur telekomunikasi.

Baca juga: Kabel Laut Indosat Terputus, Penyebabnya Tanah Amblas di Daratan Singapura

OpenRAN merupakan teknologi yang mendukung antarmuka RAN untuk dioperasikan secara terbuka sehingga memungkinkan konektivitas antar perangkat keras dan lunak dari vendor telekomunikasi berbeda.

Baca juga: XL Axiata Masih Pelajari Aturan Baru terkait Pajak Penjualan Pulsa

Kees menjelaskan, kemampuan disaggregation dalam Open RAN diharapkan bisa makin menekan biaya penyediaan jaringan dan menjadi solusi bagi operator seluler dan pemerintah untuk memperluas jaringan 4G ke wilayah Indonesia termasuk daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved