Breaking News:

Robot Kolaboratif UR10e telah Disempurnakan, Kini Mampu Mengangkat Barang 12,5 Kilogram 

meski kemampuan ditambah, namun tetap mempertahankan penggunaan ruang yang kecil, pengalaman pemrograman yang intuitif

ist
UR10e kini dapat digunakan di aplikasi palletising dengan karton seberat 10kg dan gripper 2,5 kilogram 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Produsen robot kolaboratif (cobots) yang berbasis di Denmark, Universal Robot secara resmi meluncurkan UR10e yang telah disempurnakan dan memiliki kemampuan mengangkat muatan sebesar 12,5 kg.

Dengan kemampuan yang dimilikinya memungkinkan diaplikasikan, mulai pemuatan kemasan (palletising), perawatan mesin, dan pengemasan. 

Kim Povlsen, Presiden Universal Robots mengatakan, meski kemampuan ditambah, namun tetap mempertahankan penggunaan ruang yang kecil, pengalaman pemrograman yang intuitif.

"Juga pengulangan kerja tanpa kompromi, komitmen UR terhadap kualitas produk, dan kinerja terpercaya yang selalu diharapkan oleh pelanggan Universal Robots," katanya, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Grab Singapura Uji Coba Layanan Pesan Makanan Menggunakan Robot

KIm menegaskan, pihaknya berkomitmen kepada peningkatan produk berkelanjutan berdasarkan masukan yang sangat berarti dari para pelanggan dan juga kemampuan kami dalam membaca peluang pasar yang terus berubah.

Pelanggan kami telah menerapkan robot kolaboratif (cobots) UR di berbagai aplikasi palletising. 

"Seiring waktu, mereka telah mengidentifikasi peluang untuk memanfaatkan robot UR10e kami dalam menjalankan tugas mereka, menangani benda yang memiliki muatan lebih berat,” jelasnya

Robot UR10e kini dapat digunakan di aplikasi palletising dengan karton seberat 10kg dan gripper 2,5kg, lebih serbaguna untuk tugas penanganan material lainnya, seperti bongkar muat benda yang lebih berat dalam penerapan perawatan mesin dan pengemasan benda berat.

Muatan UR10e yang lebih besar membantu mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual, yang dapat membebani tangan dan bahu manusia, yang mengarah pada peningkatan ergonomi dan kondisi kerja yang lebih produktif. 

Hal ini sangat meringankan pekerjaan manusia dan dapat menurunkan jumlah kecelakaan kerja. 

“Salah satu manfaat utama cobots adalah dalam segi fleksibilitasnya mengambil alih aktivitas yang tidak ergonomis, membebaskan pekerja manusia dari tugas yang berbahaya dan rawan cedera.

Baca juga: Penampakan Robot Penjinak Bom yang Diterjunkan saat Penggeledahan Rumah Terduga Pelaku Bom Makassar

Cobots UR dirancang untuk berkolaborasi bekerja bersama manusia dan sebagai solusi membantu meminimalkan tugas-tugas yang mungkin berbahaya atau rawan cedera bagi manusia.

Hasil dari teknologi cobots sangat jelas, peningkatan produktivitas, kualitas serta kondisi kerja yang lebih baik, dan memberikan ruang bagi pelaku bisnis untuk mengevaluasi kembali cara terbaik bagi perusahaan dalam menghadapi persoalan kurangnya pengembangan Sumber Daya Manusia," kata  James McKew, Regional Director Asia-Pacific Universal Robots.

Respons dari mitra UR terhadap produk ini juga sangat positif; MBO Postpress Solutions di Jerman telah mengintegrasikan UR10e sebagai bagian dari cobot susun CoBo-Stack.

“Adanya peningkatan muatan UR10e akan membuat MBO CoBo-Stack kami jauh lebih menguntungkan bagi para pelanggan, dengan memperluas kemungkinan aplikasi mereka untuk menyertakan paket yang lebih besar dan produk yang lebih berat, seperti katalog dan brosur yang dijilid dengan sempurna atau yang dijahit pelana,” kata Sebastian König, Development at MBO Postpress Solutions GmbH.

Penulis: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved