Breaking News:

Telkomsel Gandeng Schneider Electric Kembangkan 5G untuk Sektor Industri

Telkomsel baru saja menambah jangkauan 5G serentak di Iima kota yakni Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Batam

dok.
Lima keunggulan teknologi 5G 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operator seluler Telkomsel baru saja menambah jangkauan 5G serentak di Iima kota yakni Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Batam.

Dalam kesempatan yang sama itu, Telkomsel juga menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan perusahaan teknologi asal Prancis Schneider Electric dalam rangka mempercepat adopsi layanan teknologi jaringan 5G di sektor industri.

“Penandatanganan MoU dengan Schneider Electric juga menjadi bukti nyata komitmen kami dalam menghadirkan ekosistem layanan 5G yang tepat guna melalui upaya kolaboratif dengan para pemangku kepentingan, terutama dengan pelaku di industri," ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

Nugroho menambahkan, Telkomsel sangat antusias untuk menghadirkan solusi berbasis teknologi 5G. Diharapkan kehadiran jaringan generasi kelima ini turut membantu semua kebutuhan bagi pelaku industri lain untuk mengakselerasi transformasi digital perusahaan.

Baca juga: ASTI: Ketersediaan Serat Optik Dibutuhkan untuk Optimalkan Teknologi 5G

"Telkomsel juga akan terus memperkuat kolaborasi kami dengan para pemangku kepentingan lainnya dalam ekosistem 5G untuk menyediakan layanan Telkomsel 5G yang tepat guna dan dapat diakses oleh lintas sektor industri," katanya.

Baca juga: Uji Laik Operasi Sudah Dilaksanakan, Indosat Selangkah Lagi Hadirkan 5G di Indonesia

Kerja sama dengan Schneider Electric oleh Telkomsel bertujuan untuk memperkuat kemitraan strategis dalam mempercepat transformasi digital (DX) Indonesia dan Industri 4.0 dengan melaksanakan 5G trial joint collaboration melalui berbagai program.

Nantinya, kerja sama ini akan diwujudkan dalam beberapa program yang dilaksanakan, seperti live streaming virtual tour dari pabrik pintar Schneider Electric di Batam ke mitra global dan membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan EcoStruxure Machine Advisor.

Kolaborasi dengan Schneider Electric sekaligus menegaskan bahwa Telkomsel dalam mendukung kebutuhan industri akan manfaat 5G. Tak hanya itu, jaringan 5G di Indonesia didorong untuk meningkatkan nilai tambah bagi semua masyarakat agar mendapat benefit di berbagai sektor.

Sebagai tindak lanjut adopsi 5G di Indonesia di sektor industri, Telkomsel menggelar inisiatif D'Frontrunner sebagai gerakan untuk mengajak banyak perusahaan tampil terdepan dalam transformasi digital.

Ada sejumlah program yang dijalankan dari inisiasi D'Frontrunner, di antaranya D'Frontrunner Award, dan D'Frontrunner Talk. Inisiatif tersebut merupakan misi Telkomsel myBusiness sebagai unit bisnis yang memimpin orkestrasi teknologi digital melalui penyediaan solusi bisnis berbasis digital yang komprehensif.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved