Breaking News:

Instagram akan Optimalkan Fungsi Swipe Up, Bisa Cantumkan Link oleh Semua Pengguna

Jika pada fitur swipe up yang asli tidak bisa mengomentari unggahan stories, pakda bersi stiker link, followers bisa merespons unggahan Instagram

TRIBUN JOGJA
Ilustrasi Instagram 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah sukses meluncurkan Reels yang memungkinkan pengguna Instagram bisa memposting kreasi video, kini aplikasi milik Facebook itu akan mengoptimalkan 'Swipe Up'.

Fitur "swipe up" sendiri memungkinkan orang menautkan link di Instagram Stories, namun metode usap ini hanya bisa digunakan oleh segelintir pengguna di Instagram. Pengguna yang bisa menautkan fitur swipe up adalah akun bisnis atau yang sudah terverifikasi dengan jumlah minimal follower tertentu.

Seiring berjalan waktu, Instagram mulai mempertimbangkan untuk membuka lebih banyak peluang orang-orang membagikan tautan lewat Stories.

Namun, fitur "swipe up" kali ini berbeda dengan yang sudah ada selama ini, yakni menggunakan stiker berisi link yang bisa dicari dalam pencarian gif.

Cara kerjanya juga berbeda dengan "swipe up" yang tinggal mengusap layar dari bawah ke atas saja untuk membuka tautan.

Dengan stiker, pengikut harus mengetuk stiker link yang tertera di konten Stories untuk membuka sebauah link.

Baca juga: Seperti Facebook, Unggah Foto Sudah Bisa Melalui Instagram Versi Desktop, Begini Caranya

Jika pada fitur "swipe up" yang asli tidak bisa mengomentari unggahan stories, pakda bersi stiker link, followers masih bisa merespons unggahan Instagram Stories.

Melansir dari laman The Verge, Rabu (30/6/2021), stiker "swipe up" untuk sekarang masih diuji coba dan baru disebar ke beberapa pengguna Instagram saja.

Kepala produk Instagram, Vishal Shah, pihaknya berniat mengamati lebih dulu dinamika pengguna Instagram soal link seperti apa yang akan diunggah pengguna, sambil mengawasi tautan bermuatan misinformasi atau spam.

Nantinya, Instagram berencana akan benar-benar menerapkan fitur stiker "swipe up", baik untuk semua orang atau hanya pengguna yang selama ini sudah bisa mencantumkan link saja. Meski belum jelas kapan stiker "swipe up" bakal dirilis secara global, firur pencantuman link sendiri akan tetap dibatasi untuk Instagram Stories saja.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved