Breaking News:

Surge Siapkan 580 Infrastruktur Edge Data Center di Pulau Jawa

Dua lokasi pertama pembangunan edge data center akan berada di Stasiun Manggarai dan Cikarang dan akan mulai beroperasi Agustus 2021.

IST
Direktur Pengembangan Bisnis Surge, Martha Rebecca 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Solusi Energi Digital Tbk (Surge) akan membangun ribuan edge data center di Pulau Jawa. Ribuan edge data center ini akan dibangun di wilayah yang dengan dengan lokasi pengguna akhir seperti stasiun kereta api dan gudang koperasi unit desa.

CEO Surge Hermansjah Haryono mengatakan, dua lokasi pertama pembangunan edge data center akan berada di Stasiun Manggarai dan Cikarang dan akan mulai beroperasi Agustus 2021.

"Sebagai tahap awal, kami menargetkan untuk menghadirkan 580 edge data center hingga akhir 2021 ini," kata Hermansjah dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/7/2021).

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis Surge Martha Rebecca, sebagian stasiun dan gudang koperasi unit desa di Pulau Jawa memiliki potensi konektivitas terhadap kota-kota besar atau kawan industri seperti Jakarta dan Cikarang.

"Tetapi bukan hanya memiliki potensi konektivitas, stasiun dan gudang unit koperasi juga dapat menunjang kota kecil, startup asal daerah, kantor anak cabang perusahaan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) retail online, software house hngga developer lokal," kata Martha.

Baca juga: Matrix NAP Info Operasikan SCBD Data Center Berkapasitas 600 Rack dengan Uptime 99,982 Persen

Dengan adanya jaringan dan infrastruktur yang akan dibangun Surge, lanjut Martha, tidak hanya kota besar saja yang akan mendapatkan keuntungan konektivitas tetap kota kecil dan para UMKM retail online.

Baca juga: AVK Fusion Indonesia Siapkan Service Center untuk Kebutuhan Valve Sektor Industri

Martha juga mengungkapkan, pembangunan edge data center merupakan misi Surge dalam transformasi digital dan diharapkan dapat mengakomodir potensi konektivitas dan ekonomi digital di kawasan industri, bisnis, pemerintahan hingga UMKM.

"Lokasi edge data center yang dibangun lebih dekat dengan pengguna akan menghadirkan koneksi yang jauh lebih stabil, latency lebih rendah dalam operasional bisnis sehari-hari," ucap Martha.

Dengan berbagai layanan ini, para pengguna di kota kecil dapat memperoleh banyak keuntungan dengan harga yang lebih terjangkau yang tentunya tak kalah kompetitif dengan infrastruktur yang tersedia di kota-kota besar.

Infrastruktur edge data center Surge akan memiliki dua tipe ukuran yakni 2x3 meter maupun 4x6 meter berisikan ruang data dengan total kapasitas 2-20 rak server serta kapasitas total daya listrik 100 kWh - 300 kWh.

Pembangunan edge data center klasifikasi Tier 2 ini akan memiliki sumber daya cadangan yang dilengkapi generator backup dan Uninterruptible Power Source (UPS) atau pasokan daya listrik tanpa gangguan.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved