Breaking News:

Perusahaan Layanan SKKL Matrix NAP Info Bergabung ke Fasilitas H2 Data Center

Digitalisasi juga turut mendorong peningkatan kebutuhan akan adanya fasilitas data center di Indonesia.

Editor: Choirul Arifin
dok.
H2 Data Center yang dioperasikan oleh PT Datacenter Indonesia Sukses Makmur (DISM) bersama PT DCI Indonesia Tbk (DCII) direncanakan dibangun menjadi sebuah komplek hyperscale data center dengan spesifikasi standar internasional. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Transformasi digital merupakan hal yang tidak lagi asing di tengah masyarakat, terlihat dari semakin banyaknya bisnis yang telah beralih ke arah digitalisasi, mulai dari pemanfaatan sistem untuk efisiensi operasional hingga upaya peningkatan kepuasan pelanggan.

Digitalisasi juga turut mendorong peningkatan kebutuhan akan adanya fasilitas data center. Populasi penduduk Indonesia yang terus bertambah diyakini membawa kenaikan pasar data center di Indonesia  dalam beberapa tahun ke depan.

H2 Data Center, salah satu data center terbesar di Asia Tenggara baru saja beroperasi Oktober ini sekaligus menunjukkan gambaran potensi besar yang dimilliki Indonesia akan perkembangan bisnis data center.

Salah satu perusahaan yang telah bergabung di H2 Data Center adalah PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info).

Perusahaan ini terus memperluas jangkauan bisnisnya serta mendukung terciptanya transformasi digital di Tanah Air.

Baca juga: Bocor, Data Nasabah Bank Jatim Dijual Rp 3,52 Miliar

Hal itu dibuktikan dengan ketersediaan dan kesiapan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) fiber optik milik Matrix NAP Info di H2 Data Center di Pertiwi Lestari Industrial Park, Karawang.

Baca juga: Data Center Milik Grup Salim dan PT DCI Siap Beroperasi Penuhi Kebutuhan Pasar

H2 Data Center yang dioperasikan oleh PT Datacenter Indonesia Sukses Makmur (DISM) bersama PT DCI Indonesia Tbk (DCII) direncanakan dibangun menjadi sebuah komplek hyperscale data center dengan spesifikasi standar internasional.

Baca juga: Semakin Kompetitif, Telkomsigma Perbarui Data Center Dengan Uptime Institute hingga 2024

H2 Data Center juga dibangun dengan konsep green data center menggunakan energi dari solar panel farm yang akan dibangun di area yang sama.

“Komplek hyperscale data center dengan konsep eco-sustainable ini diharapkan dapat berkontribusi dalam kemajuan bisnis dan penggunaan data di Indonesia agar tidak tertinggal dengan negara lain di Asia Tenggara.” ungkap Ricky Garyati, Director PT Datacenter Indonesia Sukses Makmur (DISM).

Dia menjelaskan, kehadiran Matrix NAP Info di H2 Data Center ini memungkinkan para pelaku bisnis untuk dapat menikmati berbagai layanan yang ditawarkan mulai dari Matrix IPLC / EIPL, Matrix Line (local loop), baik via DWDM ataupun MPLS, Matrix Global IP Transit, dan Matrix Internet.

“Melalui kehadiran Matrix NAP Info sebagai provider submarine cable pertama di H2 Data Center, kami menyediakan sambungan langsung sampai ke Singapura dengan latensi terendah,” ucap Thomas Dragono, Managing Director Matrix NAP Info.

"Kami berkomitmen untuk memastikan skalabilitas layanan di H2 Data Center terjaga dan sesuai dengan kebutuhan digital masyarakat," imbuhnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved