Breaking News:

Menko Airlangga: Ekonomi Digital Tampil Sebagai Kekuatan Baru Perekonomian Nasional

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, adanya pandemi Covid-19 telah mendorong akselerasi adopsi teknologi digital pada berbagai aktivitas

Istimewa
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Menko Airlangga: Ekonomi Digital Tampil Sebagai Kekuatan Baru  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, saat ini teknologi digital sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, adanya pandemi Covid-19 telah mendorong akselerasi adopsi teknologi digital pada berbagai aktivitas masyarakat. 

"Hal tersebut membuat ekonomi digital tampil sebagai kekuatan baru perekonomian nasional," ujarnya dalam acara "IDC 2021", Rabu (24/11/2021).

Pada 2020 lalu, nilai ekonomi digital Indonesia menjadi tertinggi di Asia Tenggara (ASEAN) dengan nilai sebesar 47 miliar dolar Amerika Serikat (AS). 

"Sementara, tahun ini diprediksi mencapai 70 miliar dolar AS. Tingkat pertumbuhan sebesar 49 persen," kata Airlangga. 

Menurut dia, peluang ekonomi digital Indonesia masih terbuka lebar didukung oleh total penduduk terbesar keempat di dunia, di mana sebagian besar berada dalam usia produktif.

Baca juga: Menko Airlangga Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV-2021 di Kisaran 5,5-6 Persen

Ditambah lagi, tingkat penetrasi internet di tanah air mencapai 76,8 persen dengan pengguna internet tahun ini sebanyak 202,6 juta orang atau meningkat 11 persen dari 2020 lalu. 

"Gelombang teknologi baru seperti IoT, blockchain, artificial intelligence, cloud computing juga menjadi enabler perkembangan ekosistem digital. Berbagai potensi tersebut diharapkan mendorong peningkatan efisiensi dan produktivitas, serta penciptaan inovasi dan inklusifitas dalam perekonomian kita," pungkas Airlangga.

Acara Puncak Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan digelar 24-25 November 2021.
Acara Puncak Indonesia Digital Conference (IDC) yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan digelar 24-25 November 2021. (ist)

AMSI: Dunia Digital ke Depan Banyak Mengatur Hidup Manusia

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved