Pemindahan Ibu Kota Negara

Konsep Smart City di IKN Baru Dinilai Mampu Mengakselerasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik

Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan, membangun IKN baru dengan konsep smart city merupakan keputusan yang tepat

Penulis: Hari Darmawan
istimewa
Pradesain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) menilai, konsep smart city di Ibu Kota Negara (IKN) baru menjadi kesempatan untuk mengakselerasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan, membangun IKN baru dengan konsep smart city merupakan keputusan yang tepat dan forward-looking terhadap implementasi sistem pemerintahan elektronik.

"Kota Nusantara yang akan menjadi ibu kota negara nantinya perlu memfasilitasi pengelolaan pemerintahan yang lebih modern dengan visi jauh ke depan," kata Arif, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: BSSN Fokus Bentuk Cyber Security Untuk IKN Hingga Tangkal Penyebaran Paham Radikalisme

Maka dari itu, menurut Arif, IKN baru ini perlu didukung oleh teknologi yang modern serta efisien. IKN perlu ditopang teknologi yang efisien dan mendukung gaya hidup baru yang berbeda dari kota-kota lain di Indonesia bahkan dunia.

"APJII mendukung penuh konsep Smart City di IKN dan siap menyediakan jaringan internet terbaik dan implementasi konsep smart city berbasis IoT dan teknologi mutakhir lainnya," kata Arif,.

Arif juga menjelaskan, bahwa saat ini APJII memiliki konsep coverage over quality untuk percepatan inklusi internet Indonesia. Kemudian saat ini terdapat lebih dari dua belas ribu desa di Indonesia yang belum memiliki koneksi internet.

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami melihat perluasan coverage harus menjadi prioritas walaupun belum memenuhi standar average speed fixed broadband," ujar Arif.

APJII juga melihat strategi coverage over quality dapat menjadi langkah strategis untuk pemerataan akses internet di Indonesia dan pemerataan internet adalah terobosan yang sangat dibutuhkan anak-anak muda.

Baca juga: Komitmen TelkomGroup Hadirkan Layanan Digital Kelas Dunia di IKN Nusantara

Internet, lanjut Arif, memungkinkan anak-anak muda kreatif yang sangat akrab dengan internet untuk berkembang dan menunjukkan kebolehannya.

"Karena generasi muda dan pemanfaatan teknologi mutakhir akan menjadi kunci dalam pembangunan Indonesia. Internet ini adalah kesempatan dan peluang besar bagi mereka dan pembuka jalan," tutur Arief

Sebelumnya, Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan ibu kota baru di Penajam Paser Utara akan dibangun dengan konsep Smart City.

Di atas lahan seluas 256.000 hektare, IKN Nusantara akan dibangun dengan konsep modern, namun tak menghilangkan esensi dari kota hutan. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved