Samsung Memulai Pengiriman Chip 3nm

Samsung, perusahaan elektronik multinasional yang berbasis di Korea Selatan, telah memulai pengiriman chip 3nm pertama

Gizmochina
Ilustrasi chip 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Samsung, perusahaan elektronik multinasional yang berbasis di Korea Selatan, telah memulai pengiriman chip 3nm pertama yang dibuat menggunakan teknologi Gate All Around.

Pada bulan lalu, Samsung mengatakan bahwa mereka telah mulai memproduksi chip berdasarkan node manufaktur 3-nanometer (nm) menggunakan arsitektur transistor Gate-All-Around (GAA).

“Dengan keyakinan bahwa kami akan bergerak maju dengan teknologi inovatif untuk menjadi yang terbaik di dunia, Divisi Foundry Samsung Electronics berupaya meningkatkan daya saing bisnisnya melalui produksi massal prosesor 3-nano GAA dan teknologi pengecoran preemtif.” kata Samsung yang dikutip oleh Gizmochina, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: IDC: Krisis Chip Global Belum akan Berakhir Dalam Waktu Dekat

Menurut Samsung, sekitar 100 orang menghadiri acara pengiriman perdana chip 3nm tersebut, termasuk CEO Samsung Electronics Kye Kyung-hyeon, Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Changyang Lee. Selain itu, juga dihadiri pemasok, fabless, dan eksekutif serta pekerja yang terlibat dalam R&D 3nm GAA dan produksi massal.

Di sisi lain, Samsung juga mengatakan bahwa kampus Pyeongtaek pada akhirnya akan menambah fabrikasi chip 3-nano GAA.

Sementara itu, saingan utama Samsung dalam bisnis semikonduktor yakni TSMC, diperkirakan akan memulai produksi chip 3nm-nya sekitar kuartal keempat tahun 2022.

Berdasarkan laporan tahun lalu, AMD dan Qualcomm mungkin menjadi salah satu pelanggan pertama dari prosesor mutakhir baru Samsung.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa Nvidia mungkin juga menjadi salah satu merek pertama yang mengadopsi node 3nm dari Samsung.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved