Meriset Merek yang Jadi Jawara di Ranah Digital

Hasil riset atas brand yang dilakukan lembaga ini bersama IMFocus DigiMarketing dalam Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 fase ketiga

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
Tribunnews.com
TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, kembali melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masifnya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari telah melahirkan kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, termasuk dalam menemukan produk yang diinginkan. Masyarakat semakin mengandalkan internet dalam mencari sebuah produk.

Hasil survei internet oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2021-2022 (Q1) menunjukkan, pengguna internet di Indonesia mencapai 220 juta orang. Angka tersebut melonjak drastis karena sebelum pandemi jumlah pengguna Internet di Indonesia berjumlah 175 juta orang.

Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia menyebut, pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet. Kondisi tersebut menuntut para pemilik merek berinovasi menghadirkan strategi branding yang tepat di ranah digital.

Baca juga: Pengguna Internet yang Tak Cakap Digital Rentan Menjadi Korban Kejahatan Siber

“Brand dituntut semakin kreatif dalam membangun brand mereka,” ujar Tri Raharjo.

Untuk mengukur brand-brand populer di ranah digital, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, kembali melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.

Hasil riset atas brand yang dilakukan lembaga ini bersama IMFocus DigiMarketing dalam Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 fase ketiga yang dilakukan pada April-Juni 2022, terhadap 1000 brand dari 150 kategori produk mendapati banyak temuan menarik.

Diantaranya, ditemukan ada 10 kategori produk yang paling banyak dicari di internet, yakni Internet Berlangganan sebanyak 604,6 ribu pencarian, TV Berlangganan 475,3 ribu pencarian, Toko Donat 370,3 ribu pencarian, Vitamin C 334,1 ribu pencarian, Gadai 329,4 ribu pencarian, Aplikasi Konsultasi Dokter 213,9 ribu pencarian, Obat Pelancar BAB 164,1 ribu pencarian, Vitamin E 113,7 ribu pencarian, Popok Bayi 92,5 ribu pencarian dan Susu Untuk Semua Umur 84,7 ribu pencarian.

Sedangkan berdasarkan ulasan, 10 kategori produk yang paling banyak diulas di internet pada fase ke-3 ada; Air Conditioner dengan 14,1 juta ulasan, Kamera Digital 9,7 juta ulasan, Kipas Angin 8,3 juta ulasan, Blender 7,5 juta ulasan, Rice Cooker 7,3 juta ulasan, Mixer 5,6 juta ulasan, Gadai 5,5 juta ulasan, Aplikasi Konsultasi Dokter 5,4 juta ulasan, Internet Berlangganan 4,9 juta ulasan, dan Sabun Pembersih Muka 4,7 juta ulasan.

Dari hasil tersebut, Tras N Co Indonesia bersama Infobrand menggelar pemghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award untuk brand-brand yang dianggap unggul dan populer di kategori produknya di dunia digital.

Penghargaan kali ini merupakan penyelenggaraan ke-27, atau di tahun ke-7 untuk fase ketiga, yang diselenggarakan Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Konektivitas Internet Menjadi Penentu Utama di Era Metaverse

Susilowati Ningsih, CEO Infobrand mengatakan, brand yang menang di ajang ini telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktivitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibanding dengan brand lain. Penghargaan ini juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek atau produk di internet.

“Dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, maka sebuah brand akan mendapat kepercayaan konsumen di internet dari para netizen dalam memilih sebuah produk,” ujarnya. Dari sekian brand peraih penghargaan ini Indah Logistik dinyatakan sebagai pemenang utama.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved