Apple Berencana Memulai Produksi iPhone 14 di India

Apple, raksasa teknologi yang berbasis di Amerika Serikat, berencana untuk memulai produksi iPhone 14 di India.

9to5mac
iPhone 14. Apple, raksasa teknologi yang berbasis di Amerika Serikat, berencana untuk memulai produksi iPhone 14 di India. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Apple, raksasa teknologi yang berbasis di Amerika Serikat, berencana untuk memulai produksi iPhone 14 di India.

Dikutip dari Aljazeera, Rabu (24/8/2022) Apple telah bekerja dengan pemasok untuk meningkatkan manufaktur di India dan memperpendek jeda produksi iPhone baru dari enam hingga sembilan bulan.

Apple yang sudah sejak lama memproduksi sebagian besar iPhone-nya di China, saat ini sedang mencari tempat produksi alternatif ketika pemerintahan Xi Jinping tengah berseteru dengan pemerintah AS perihal kunjungan ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, produsen utama iPhone yakni Foxconn Technology Group dikabarkan tengah mempelajari proses pengiriman komponen dari China dan perakitan perangkat iPhone 14 di pabriknya di luar kota Chennai, India selatan.

Baca juga: Demi Belikan Pacar iPhone 11 saat Ultah, Remaja di Bengkulu Nekat Curi Uang Rp61 Juta Milik Kakaknya

“iPhone 14 pertama dari India kemungkinan akan diluncurkan pada akhir Oktober atau November, setelah rilis awal September,” kata sebuah sumber yang tidak disebutkan namanya.

Seorang juru bicara Apple menolak berkomentar dan pihak Foxconn juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Di sisi lain, menyamai laju produksi iPhone China akan menandai tonggak penting bagi India, yang telah menggembar-gemborkan daya tariknya sebagai lokasi alternatif untuk memproduksi iPhone.

Merakit iPhone sering kali memerlukan koordinasi antara ratusan pemasok dan harus memenuhi tenggat waktu serta kontrol kualitas Apple yang sangat ketat.

Beberapa orang di Apple dan Foxconn berharap untuk memulai produksi simultan di India tahun ini, tetapi itu tidak pernah menjadi rencana resmi.

“Untuk memastikan peluncuran yang lancar, Apple ingin fokus untuk mempercepat produksi iPhone-nya di China terlebih dahulu dan kemudian mengerjakan produksi India,” kata salah satu sumber.

Baca juga: Imbas Ketegangan Amerika dan China, Apple Berencana Pindahkan Produksi Iphone 14 ke India

Secara terpisah, mitra Apple mulai membuat iPhone di India pada tahun 2017, awal dari upaya selama bertahun-tahun untuk membangun kemampuan manufaktur di negara tersebut.

Selain menawarkan cadangan untuk operasional yang ada, negara berpenduduk 1,4 miliar orang itu juga merupakan pasar konsumen yang menjanjikan dan pemerintahan Modi telah menawarkan insentif keuangan untuk produksi teknologi di bawah program Make in India.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved