Rantai Pasokan Terganggu, Apple dan Google Perlahan Mulai Alihkan Produksi dari China

perusahaan AS juga khawatir jika terus menerus menggantungkan rantai pasokan dari China, yang nantinya dapat mendorong mereka ke tengah konflik

Gizmochina
Apple akan pindahkan produksi iPad dari China ke Vietnam karena gangguan rantai pasok. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, HANOI – Raksasa teknologi global seperti Apple dan Google berencana untuk mengalihkan produksi smartphonenya dari China.

Hal itu tak lepas dari kekhawatiran yang berkembang tentang ketegangan geopolitik dan gangguan rantai pasokan akibat pandemi yang melanda China.

“Sebagian kecil dari iPhone terbaru akan dibuat di India, dan sebagian dari produksi ponsel Pixel terbaru Google akan dilakukan di Vietnam,” kata orang-orang yang mengetahui rencana dari dua raksasa teknologi itu seperti dilansir dari Straits Times, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Apple Ajukan Paten Merek Dagang, Sinyal Peluncuran Headset AR Semakin Dekat

China telah lama dipilih beberapa raksasa teknologi global untuk dijadikan lokasi perakitan perangkat elektronik berteknologi tinggi, seperti smartphone.

Akhir-akhir ini, perusahaan AS yang berada di China melihat adanya risiko konflik yang mulai meningkat, setelah beberapa waktu lalu ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan.

Selain itu, perusahaan AS juga khawatir jika terus menerus menggantungkan rantai pasokan dari China, yang nantinya dapat mendorong mereka ke tengah konflik yang semakin meningkat.

Saat ini, Apple telah memproduksi iPad di Vietnam utara. Begitu juga Microsoft yang telah mengirimkan konsol game Xbox tahun ini dari Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Sementara Amazon telah membuat perangkat Fire TV di Chennai, India. Padahal semua produk itu telah diproduksi di China dalam beberapa tahun terakhir.

Ketika wabah pertama Covid-19 menutup pabrik di China pada awal 2020, penutupan itu mengguncang rencana penjualan banyak perusahaan, termasuk Apple, yang harus memangkas perkiraan penjualan kuartalannya karena tidak bisa memproduksi iPhone.

Baca juga: Samsung Kembangkan Chip 3nm untuk Google Pixel 8

Di sisi lain, Apple juga menjadikan Vietnam sebagai lokasi produksi AirPods-nya mulai tahun 2020.

Sejak saat itu, Apple mulai memproduksi jam tangannya di Vietnam dan memindahkan beberapa manufaktur iPad ke sana. Apple juga berencana untuk merakit dan mengemas sebagian kecil dari iPhone 14 di India.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved