Kepincut Chip N3E, Apple Berencana Sematkan Teknologi Chip Besutan TSMC di iPhone dan Macbook

Rencananya chip N3E akan digunakan Apple untuk menjalankan prosesor seluler A17, yang saat ini sedang dalam proses pengembangan

Foto TSMC
Ilustrasi produksi semikonduktor TSMC Taiwan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Apple Inc tengah berencana untuk mengadopsi teknologi chip terbaru dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) , pada produk iPhone dan Macbook terbarunya.

Kesuksesan Apple dalam perilisan iPhone 14 pada awal pekan kemarin tak lantas membuat raksasa teknologi asal Amerika ini berpuas hati, justru Apple kembali memacu ambisinya untuk menciptakan produk ponsel dan komputer terbaru dengan menggunakan teknologi terkini.

Salah satunya dengan menggunakan chip N3E besutan TSMC, meski chip anyar ini belum dirilis secara resmi di pasaran. Namun kecanggihan yang ditawarkan oleh teknologi ini sukses mencuri perhatian Apple.

Dibuat dengan menggunakan sistem teknologi FinFlex, chip N3E memungkinkan pengembang untuk mencampur dan mencocokkan berbagai jenis sel standar dalam satu blok yang dapat membantu prosesor grafis untuk mengoptimalkan kinerja CPU dan GPU 10 hingga 15 persen, mengurangi konsumsi daya sebanyak 25 sampai 30 persen , serta meningkatkan logic density sekitar 1,6 kali.

Baca juga: Macbook Pro 2022 Hilang Pamor,  Apple Kurangi Pesanan Chip M2 Pro & M2 Max

Tak hanya itu, TSMC dilaporkan tengah meningkatkan teknologi node N3 menjadi lebih baik lagi dengan menambahkan kepadatan transistor, sehingga chip ini dapat menjalankan Linux, Windows maupun iOS dengan lengkap dan stabil.

Rencananya chip N3E akan digunakan Apple untuk menjalankan prosesor seluler A17, yang saat ini sedang dalam proses pengembangan dan dijadwalkan rilis pada 2023.

Meski hingga kini Apple masih enggan membocorkan produk apa yang akan disematkan chip baru ini, namun menurut berita yang beredar teknologi 3nm akan ditambahkan untuk mendukung operasi CPU dan GPU pada iPad dan Mac terbaru yang dikabarkan dirilis pada Oktober 2022.

Dipilihnya TSMC sebagai mitra bukan tanpa alasan pasalnya produser chip asal Beijing ini telah sukses menguasai sekitar 54 persen pasar global. Inilah yang membuat Apple kepincut untuk menjajal teknologi terbaru buatan TSMC.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved