iPhone 14 Pro Banyak Diburu, Penjualan Apple di China Ungguli Samsung Galaxy S22 Ultra

Melonjaknya daya minat masyarakat China pada jajaran iPhone 14 besutan Apple, bahkan membuat produk saingannya itu ponsel Samsung

via PCmag
iPhone 14 Pro/Max 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Penjualan gawai anyar iPhone 14 Pro besutan Apple belakangan menjadi primadona baru di pasaran China, hingga popularitasnya melejit mengalahkan produk S22 Ultra milik Samsung.

Dalam laporannya Apple menyebut bahwa penjualan Iphone 14 series dalam 24 jam telah ludes hingga mencapai 2 juta unit, sementara untuk pemesanan pre-order iPhone 14 telah tembus 85 persen.

Tak hanya penjualan iphone 14 series serta pre order iPhone 14 Pro saja saja yang ramai diburu pembeli, dalam peluncuran produk headset iPhone 14 Pro di toko pusat Apple yang berlokasi di kawasan distrik Nanshan Shenzhen, pada Jumat (16/9/2022) juga turut dipadati para pembeli hingga mengakibatkan antrian yang panjang.

Melonjaknya daya minat masyarakat China pada jajaran iPhone 14 besutan Apple, bahkan membuat produk saingannya itu ponsel Samsung mengalami penurunan popularitas.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A04s: Kamera 50MP, Dibanderol Rp 2 Jutaan

Menurut lembaga penelitian di China, Counterpoint Research disebutkan bahwa posisi Apple kini telah memimpin pasar penjualan ponsel premium di China dengan pangsa sebesar 46 persen pada kuartal kedua 2022, mengungguli saingannya yaitu Samsung yang saat ini berada di posisi ketujuh dalam pasar China.

Meningkatnya antusias masyarakat China dalam perilisan iPhone 14 bahkan membuat sebagian besar pemilik Galaxy S22 Ultra yang berbasis di China memutuskan untuk menjual unit ponsel Samsung mereka dan menukarnya menjadi iPhone 14 Pro, setelah mereka melihat kecanggihan yang ditawarkan pada gawai anyar besutan Apple itu, menurut laporan Pengembang perangkat lunak (XDA) Leaker Ice Universe.

Apabila dibandingkan, baik iPhone 14 Pro maupun S22 Ultra sama – sama memiliki kelebihan. Melansir dari Phone Arena ukuran RAM iPhone 14 Pro Max lebih kecil dari Samsung Galaxy S22 Ultra.

Begitupun untuk resolusi layar Galaxy S22 jauh lebih unggul dibanding iPhone 14. Namun hal tersebut tak menjamin kinerja ponsel besutan pabrik Samsung asal Korea Selatan itu lebih lebih baik dari Apple.

Dari segi OS keduanya sama – sama dibekali dengan chip unggulan dimana iPhone 14 Pro Max memakai chipset A16 Bionic (4 nm) dengan CPU Hexa-core mencapai 2x3.46 GHz dan GPU Apple 5-core graphics. Sementara Samsung S22 Ultra memakai One UI 4.1.1 berbasis Android 12.

Kolase iPhone 13, Redmi Note 11, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G
Kolase iPhone 13, Redmi Note 11, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G (kolase Tribunnews)

S22 Ultra mungkin terlihat memiliki keunggulan dibandingkan iPhone 14 Pro, akan tetapi chip yang tersemat dalam gawai anyar Samsung ini sangat rentan terhadap suhu panas yang berlebih, selain itu kamera utamanya S22 Ultra memiliki piksel yang lebih kecil daripada iPhone 14 yang dibekali sensor kamera 48MP.

Untuk kamera depan iPhone 14 Pro Max memiliki dual kamera dengan resolusi 12 MP + SL 3D depth camera, sementara Samsung A22 Ultra punya single camera dengan resolusi 40 M.

Keunggulan inilah yang membuat para pelanggan Samsung mulai kepincut dan beralih ke produk iPhone 14 Pro Max, hingga penjualan Apple mencatatkan lonjakan yang tinggi dari kuartal sebelumnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved