Terapkan Teknologi Terbaru untuk Perbesar Kapasitas Jaringan, XL Axiata Gandeng Huawei

Penerapan teknologi FDD Smart 8T8R sekaligus mengimplementasikan green information and communication technology (ICT).

KONTAN
Logo XL Axiata. Hingga akhir semester l 2022, trafik data XL Axiata meningkat sebesar 30% dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

TRIBUNNEWS.COM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkolaborasi dengan Huawei mengimplementasikan teknologi terbaru FDD Smart 8T8R, di mana hasil serangkaian uji coba menunjukkan peningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan hingga 2,9x.

Penerapan teknologi ini sekaligus mengimplementasikan green information and communication technology (ICT).

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, bersama Huawei, XL terus mengeksplorasi dan menerapkan lebih banyak terobosan teknologi untuk membangun jaringan berkualitas tinggi.

Baca juga: XL Axiata Perkuat Jaringan Sinyal di Aceh Singkil dan Simeulue

Teknologi FDD Smart 8T8R ini, selain dapat meningkatkan efisiensi spektrum untuk mencapai peningkatan throughput pengguna hingga sebesar 2,0x terhadap teknologi 4T4R, juga bisa membantu mengurangi konsumsi daya hingga 26 persen serta memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan, sehingga membantu mengurangi beban operasional jaringan.

Weiwei, XL Account Director of Huawei Indonesia mengatakan kerja sama dengan XL Axiata untuk membangun jaringan FDD Smart 8T8R.

Huawei berkomitmen untuk dapat mendukung membangun jaringan canggih yang memenuhi persyaratan untuk pengembangan di masa depan.

“Kami akan terus memberikan solusi inovatif untuk mendukung XL Axiata bertransformasi menjadi operator konvergensi termasuk mendukung pembangunan broadband nasional di Indonesia,” kata Weiwei,Kamis (28/9/2022).

Baca juga: Semester I 2022, XL Axiata Raih Laba Bersih Rp 615 Miliar

Saat ini, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan FDD Smart 8T8R di lebih dari 700 BTS 4G di berbagai wilayah di Indonesia.

Penerapan teknologi ini akan dilakukan dengan berfokus pada area dengan trafik penggunaan layanan data dan internet yang tinggi, seperti di lingkungan padat penduduk, perkantoran, tempat wisata, hingga pusat perbelanjaan.

Hingga akhir semester l 2022, trafik data XL Axiata meningkat sebesar 30% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan trafik ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pasca pandemi Covid-19, termasuk diijinkannya masyarakat melakukan perjalanan.

Adapun total BTS sebanyak lebih dari 144 ribu, di antaranya lebih dari 88 ribu BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 130 ribu kilometer, menopang kekuatan jaringan XL Axiata, untuk melayani sekitar 57 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia,dengan penetrasi 4G sekitar 90,9%.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved