Fitur SOS Via Satelit iPhone 14 Selamatkan Seorang Pria yang Terdampar di Alaska

Apple meluncurkan SOS Darurat melalui Satelit, sebuah fitur yang dirancang untuk memungkinkan pemilik iPhone 14 menghubungkan layanan darurat

Amelia Holowaty Krales/The Verge
iPhone 14 Pro and 14 Pro Max. Seorang pria yang terdampar di daerah pedesaan Alaska berhasil diselamatkan berkat fitur SOS Satelit iPhone 14. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, JUNEAU - Seorang pria yang terdampar di daerah pedesaan Alaska berhasil diselamatkan berkat fitur SOS Satelit iPhone 14.

Dengan peluncuran iOS 16.1, Apple meluncurkan SOS Darurat melalui Satelit, sebuah fitur yang dirancang untuk memungkinkan pemilik iPhone 14 menghubungkan layanan darurat menggunakan konektivitas satelit ketika di daerah mereka tidak ada koneksi seluler atau WiFi yang tersedia.

Melansir dari Macrumors, pada dini hari tanggal 1 Desember, Pasukan Negara Bagian Alaska, Amerika Serikat, menerima peringatan seorang pria yang bepergian menggunakan mesin salju dari Kota Noorvik ke Kotzebue telah terdampar.

Baca juga: Apple Tunda Peluncuran Headset AR/VR Apple, Geser ke Kuartal II 2023

Pria itu berada di lokasi yang dingin dan terpencil tanpa konektivitas, dan dia mengaktifkan fitur SOS Darurat melalui satelit di ‌iPhone 14‌ miliknya untuk memberi tahu pihak berwenang mengenai kondisinya.

Pusat Tanggap Darurat Apple bekerja sama dengan tim pencarian dan penyelamatan lokal serta Koordinator Pencarian dan Penyelamatan Wilayah Arktik Barat Laut untuk mengirimkan pencari sukarelawan langsung ke koordinat GPS yang diteruskan ke Apple menggunakan fitur emergency tersebut.

Pria tersebut berhasil diselamatkan dan tidak mengalami luka. Daerah tempat dia temukan berada jauh dari tempat konektivitas satelit tersedia.

Apple mengatakan bahwa konektivitas satelit mungkin tidak berfungsi di tempat-tempat di atas garis lintang 62 derajat, seperti bagian utara Kanada dan Alaska, sementara Noorvik dan Kotzebue mendekati garis lintang 69 derajat.

Pasukan yang membantu proses penyelamatan pria tersebut mengaku "terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi" pada fitur SOS melalui Satelit, yang dirancang untuk mengajukan beberapa pertanyaan sebelum tanda peringatan dikirimkan untuk mempercepat misi penyelamatan.

Fitur SOS melalui Satelit tersedia untuk semua pengguna ‌iPhone 14‌, dan dapat diaktifkan saat situasi darurat terjadi serta tidak tersedia koneksi WiFi atau seluler.

Fitur ini gratis untuk digunakan selama dua tahun, dan Apple belum memberikan detail berapa biayanya yang akan dikenakan untuk menggunakan fitur ini di masa mendatang.

Baca juga: Apple Diperkirakan Kehilangan 6 Juta Unit iPhone 14 Pro Akibat Protes Pekerja di Pabrik Foxconn

Konektivitas satelit saat ini tersedia di Amerika Utara, dan akan segera diperluas ke Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved