Breaking News:

Travel News

Uci Winanda Putri Pariwisata Kaltara Terpilih: Saya Seperti Bermimpi

“Pokoknya tidak pernah nyangka, dengan kemampuan saya yang terbatas, mungkin dengan bermodalkan pengetahuan yang tidak terlalu luas,” kata Uci.

Editor: Mohamad Yoenus
Tribun Kaltim/Muhammad Arfan
Putri Pariwisata Indonesia (PPI) Kaltara, Uci Winanda pada malam penganugerahan PPI Kaltara 2015 di Gedung Wanita Bulungan, Kamis (30/7/2015) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Uciii…Uciii…Uciii….!!!! Begitulah teriakan sejumlah penonton pada malam penganugerahan Putri Pariwisata Kaltara Tahun 2015, di Gedung Wanita Kabupaten Bulungan, Jl Serindir, Tanjung Selor, Kamis (30/7/2015) malam.

Ya, berdasarkan hasil penilaian tim juri, Uci Winanda (20) dara asli Tanjung Palas Kabupaten Bulungan itu berhasil menjadi yang terbaik di antara 16 kontestan pemilihan Putri Pariwisata Kaltara Tahun 2015.

Walhasil, ia berhak mengambil alih mahkota Putri Pariwisata Kaltara dari Indah Nazia, Putri Pariwisata Kaltara 2014.

Uci Winanda
Uci Winanda. (Tribun Kaltim/Muhammad Arfan)

Uci mengaku tak menyangka bakal menjadi yang terbaik malam itu. Perasaan sedih, terkejut, dan gembira menjadi amuk tersendiri di hati dara cantik kelahiran 11 Mei 1996 tersebut.

“Menjadi seorang juara, saya tidak menyangka semua, seperti mimpi. Kemenangan ini saya dedikasikan terutama buat orang tua. Yang kedua kepada pemerintah dan masyarakat Kaltara semuanya,” ujarnya kepada TRIBUNKALTIM.CO, Kamis (30/7/2015).

Meskipun terpilih menjadi pemenang, putri dari pasangan Nurhasanah dan Hasnawi tersebut tetap merendah. 

“Pokoknya tidak pernah nyangka, dengan kemampuan saya yang terbatas, mungkin dengan bermodalkan pengetahuan yang tidak terlalu luas,” katanya.

“Sebenarnya jujur, saya mengikuti ajang ini karena tawaran dari Dispar Bulungan. Dan saya tertarik. Kemudian saya tertarik mencoba menggali potensi diri saya. Apakah saya bisa, mampu mempromosikan, mengenalkan potensi wisata yang ada di Kaltara?” ujar anggota Satuan Tugas BPBD Provinsi Kaltara itu.

Uci Winanda
Uci Winanda, Putri Pariwisata Kaltara 2015. (Tribun Kaltim/Muhammad Arfan)

Usai jadi pemenang, lulusan SMA Negeri 1 Tanjung Palas itu akhirnya memproyeksikan bagaimana memperkenalkan segudang potensi wisata menarik yang ada, dan berjanji membawa nama baik provinsi ke-34 di Indonesia itu.

“Saya mau bawa nama baik Kaltara supaya provinsi ini bisa dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi panggung dunia juga harus mengetahui potensi wisata yang ada di sini,” ujarnya.

Potensi pariwisata yang memiliki prospek besar dalam mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, menurut Uci adalah Taman Nasional Hutan Kayan Mentarang di Malinau.

Putri Pariwisata Kaltara
Putri Pariwisata Kaltara 2014, Indah Nazia, menyematkan mahkota kepada Putri pariwisata Kaltara 2015, Uci Winanda. (Tribun Kaltim/Muhammad Arfan)

“Hutan Kayan Mentarang adalah heart of Borneo karena dia adalah paru-paru dunia. Jadi memiliki prospek besar. Dan itu juga yang akan saya lebih prioritaskan dalam hal mempromosikan pariwisata di Kaltara,” ujar gadis yang menempuh kuliah semester satu di Universitas Kaltara, Tanjung Selor.

Selain Taman Nasional Kayan Mentarang, menurutnya masih banyak lagi potensi-potensi wisata Kaltara yang indah untuk dikembangkan, agar bisa bersaing dengan pariwisata daerah lain di Indonesia, bahkan di Asia Ternggara, terutama wisata budaya.

“Tinggal bagaimana pemerintah serius memperbaiki aksebilitas ke destinasi-destinasi wisata yang ada. Karena hal itu juga adalah alasan bagi wisatawan untuk datang berkunjung ke Kaltara,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved